Tips Sehat

Air rebusan daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal

Kamis, 26 November 2020 | 17:53 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Air rebusan daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal

ILUSTRASI. Ilustrasi, Daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal. Minum air rebusan alpukat bisa jadi solusi untuk Anda yang ingin mengonsumsi obat herbal. 

Batu ginjal, pasti Anda sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini. 

Baca Juga: Amazing, ini manfaat daun alpukat sebagai obat herbal yang efektif menumpas penyakit

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia menjelaskan batu ginjal merupakan endapan keras yang menyerupai batu terdapat di dalam ginjal.

Batu ginjal terbentuk saat adanya penurunan volume urine atau peningkatan garam dan mineral di dalam tubuh. Endapan tersebut tidak hanya terbentuk di dalam ginjal tapi juga bisa di organ tubuh lainnya seperti ureter, kandung kemih, dan uretra. 

"Batu ginjal berukuran kecil tersebut bisa keluar atau berpindah tempat saat terbawa urine," kata dokter Santi. Jika batu ginjal berukuran besar akan menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Banyak faktor yang memicu seseorang menderita penyakit batu ginjal. Pertama, seseorang yang tidak memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh berisiko terkena batu ginjal. 

Kedua, pola makan yang tidak baik dan kegemukan juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini. Ketiga, seseorang yang pernah menderita batu saluran kemih rentan terkena batu ginjal. 

Keempat, riwayat keluarga juga bisa menjadi faktor penyebab seseorang terkena penyakit batu ginjal. 

Daun alpukat obat herbal batu ginjal 

Batu ginjal memang bisa keluar sendiri dari dalam tubuh lewat air kencing. Namun, untuk batu ginjal yang berukuran besar harus mendapatkan pengobatan dan parawatan. 

Menurut buku berjudul Daun-Daun dan Buah-Buah Penumpas Penyakit karya Lia Ernawati, daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal. 

Daun alpukat mengandung saponin, alkaloida, flavonoida, polifenol, dan quersetin. Selain itu daun alpukat bersifat diuretik alias peluruh kencing, dan antibakteri. 

Membuat obat herbal batu ginjal dengan bahan daun alpukat cukup mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara berikut ini. 

Bahan 

  • Daun alpukat segar 7 lembar 
  • Air 110 ml 

Cara membuat 

Anda cuci daun alpukat sampai bersih lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air 100 ml. Anda minum air rebusan daun alpukat dua kali sehari.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal tersebut.  

Baca Juga: Anda suka minum kopi? Ini manfaat minum kopi hitam polos untuk kesehatan

Selanjutnya: Daun salam bermanfaat sebagai obat herbal diabates melitus

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru