Tips Sehat

Ini loh manfaat baik makanan pedas untuk kesehatan tubuh

Kamis, 28 Mei 2020 | 17:15 WIB Sumber: Kompas.com
Ini loh manfaat baik makanan pedas untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Ilustrasi. Makanan pedas memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - Makanan bercita rasa pedas jadi salah satu menu favorit sebagian masyarakat. Teryata, makanan pedas memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. 

Bagi sebagian besar orang Indonesia, tak lengkap rasanya jika makan tanpa sambal. Sensasi pedas yang dihasilkan dari sambal memang bisa menambah cita rasa dan nafsu makan. 

Baca Juga: Infused water nanas bisa meredakan batuk dan pilek

Namun, tahukah Anda bahwa makanan pedas ternyata baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh? 

Menurut ahli gizi dari Penn State University, cabai mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin C. Vitamin C mengandung bioflavonoid yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah putih. 

Produksi sel darah putih sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Ahli nutrisi dari University of Cambridge, Nita Forouhi, mengatakan bahwa kandungan capsaicin yang memberi rasa pedas pada cabai juga memiliki sifat anti inflamasi. 

Cabe juga kaya akan beta-karoten yang bisa berubah menjadi vitamin A dalam darah. Menurut para ahli, vitamin A sangat penting menjaga tubuh dari serangan mikroba. 

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan infeksi. Melansir laman BBC, riset yang diterbitkan dalam Birtish Medical Journal juga membuktikan, diet kaya rempah-rempah, termasuk cabai, sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Dalam riset tersebut, peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan pedas sebanyak dua kali dalam seminggu memiliki risiko kematian dini 10 persen lebih rendah. 

Peneliti juga merekomendasikan masyarakat untuk mengonsumsi lebih banyak makanan pedas guna meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko kematian dini. 

Manfaat lain cabai 

Selain meningkatkan imunitas dan mengurangi risiko kematian dini, cabai memiliki beragam manfaat kesehatan. Melansir laman Penn Medicine, berikut tiga manfaat kesehatan konsumsi cabai: 

Menjaga kesehatan jantung 

Mengonsumsi cabai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Riset juga membuktikan bahwa konsumsi cabai bisa menurunkan angka kematian akibat jantung dan stroke hingga 13 persen. 

Menurunkan berat badan 

Kandungan capsaicin pada cabai dapat meningkatkan metabolisme yang membantu kita membakar lebih banyak kalori. Inilah yang membuat konsumsi cabai bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. 

Menurunkan peradangan di usus 

Capsaicin di saluran pencernaan akan menghasilkan zar yang disebut anandamide. Zat tersebut terbukti dapat menurunkan tingkat peradangan pada usus. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat untuk fungsi pencernaan kita.(Ariska Puspita Anggraini) 

Baca Juga: Mandi malam menyebabkan rematik, benarkah?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berbagai Manfaat Tak Terduga Makanan Pedas", https://health.kompas.com/read/2020/03/21/200000968/berbagai-manfaat-tak-terduga-makanan-pedas?page=all#page2.

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru