kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,09   -9,42   -1.02%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Khasiat Daun Sirih atau Si Emas Hijau, Bisa untuk Diabetes


Minggu, 30 Juli 2023 / 04:53 WIB
Ini Khasiat Daun Sirih atau Si Emas Hijau, Bisa untuk Diabetes
ILUSTRASI. Daun sirih memiliki segudang manfaat, mulai membantu mengelola diabetes hingga mengobati infeksi gigi.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANFAAT DAUN SIRIH - Daun sirih memiliki segudang manfaat, mulai membantu mengelola diabetes, mengobati infeksi gigi, hingga mengurangi efek kanker. Daun ini tersedia dalam lebih dari 100 varietas dan kerap diaplikasikan dalam pengobatan India dan China.

Melansir Stylecraze.com, daun sirih juga disebut sebagai 'Emas Hijau'. Daun ini adalah aset kuno pengobatan India (Ayurveda), dan penggunaannya di India sudah ada sejak 400 SM.

Piper betle atau daun sirih termasuk dalam famili Piperaceae (keluarga lada hitam). Ada sekitar 100 varietas sirih di dunia, sekitar 40 di antaranya ditemukan di India. Menurut pengobatan tradisional, daun sirih dapat membantu dalam pengobatan sakit kepala, gatal, mastitisi, luka, lecet, sembelit, dan luka.

Bagaimana Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Anda?

Berlawanan dengan kepercayaan populer, daun sirih menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Daun ini memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah, kesehatan gigi, penyembuhan luka, dan infeksi virus. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: ​6 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

1. Membantu Mengelola Diabetes

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Daun ini mengandung molekul aktif yang disebut tanninsi yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid sirih dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Daun ini juga mengandung berbagai polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul ini melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Bermanfaat bagi Kesehatan Gigi

Menghitamkan gigi adalah kegemaran di Asia Tenggara. Hal ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak tumbuhan dan mineral. Prosedur ini dikatakan baik untuk gigi Anda. Dapat mencegah infeksi mulut dan prosedur gigi yang menyakitkan.

Baca Juga: 6 Bahan Alami yang Efektif Meredakan Diare, Salah Satunya Air Kelapa

Nah, sirih adalah salah satu tanaman yang terkait dengan menghitamkan gigi. Sirih sirih yang terbuat dari pinang, jeruk nipis, dan daun sirih memiliki sifat yang mirip.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×