kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Kebiasaan yang bisa menurunkan imun tubuh


Rabu, 01 April 2020 / 11:32 WIB
Ini Kebiasaan yang bisa menurunkan imun tubuh
ILUSTRASI. FILE PHOTO: An ash tray with cigarette butts is pictured in Hinzenbach, Austria, February 5, 2012. REUTERS/Lisi Niesner/File Photo


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Imun tubuh yang kuat menjadi salah satu senjata utama dalam memerangi infeksi virus corona.

Anda mungkin mendengar banyak anjuran yang diberikan untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Misalnya, dengan memperbanyak makan sayuran, buah-buahan dan gandum utuh. 

Baca Juga: Awas! Terlalu banyak konsumsi garam bisa menurunkan imun tubuh

Namun, kita juga harus memerhatikan beberapa kebiasaan umum yang bisa memperlemah sistem daya tahan tubuh kita di tengah pandemi global ini. Apa saja? 

1. Stres

Khawatir dengan situasi sekitar adalah hal yang wajar. Kamu juga mungkin merasakan stres dari hal-hal lainnya yang terjadi dalam hidup. 

Namun, jika kekhawatiran dan stres itu sudah berdampak pada hal-hal kecil di sekitar Anda, maka saatnya kamu mengubah kebiasaan itu. 

Sebab, ketika stres dan panik tubuh akan melepaskan kortisol ke aliran darah. Kondisi ini bisa menekan sistem imun pada tubuh dan membuatmu menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Jika kamu berada ada situasi stres, cara terbaik adalah mencoba keluar dari situasi tersebut dan lakukan meditasi untuk menenangkan syaraf Anda. 

2. Pola hidup tidak aktif

Berada pada masa social distancing bahkan lockdown seharusnya tidak menjadi alasan untuk melewatkan olahraga. Pola hidup tidak aktif bisa mengancam sistem daya tahan tubuh. 

Namun olahraga berlebih juga bisa merusak sistem imun. Jadi. Cobalah dan temukan keseimbangan di antaranya. Vidieo dan informasi tentang olahraga bisa dengan mudah kita temukan di internet. 

Kita juga bisa mengaplikasikannya di rumah, bahkan di dalam kamar. Untuk memulai, kamu bisa mencoba melakukan peregangan dan yoga.

3. Begadang

Bisa dipahami jika masa isolasi memberikan waktu luang lebih banyak bagi sebagian orang untuk bermalas-malasan atau menonton serial favorit. 

Baca Juga: Ini buah dan sayur yang mengandung vitamin c tinggi

Tak jarang beberapa orang begadang hingga dini hari untuk menghabiskan serial yang tengah ditontonnya. Meski begitu, perlu diketahui bahwa kita memerlukan tidur 6-8 jam sehari. 

Sebab, tubuh juga memerlukan waktu membangun keluatan untuk mengatasi peradangan dan infeksi selama kita tidur. Durasi tidur memang berbeda bagi setiap orang. Namun, ketika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, kamu sebaiknya beristirahat. 

Untuk membantumu lebih mudah tidur di malam hari, simpanlah peralatan digital apapun satu jam sebelum tidur.

4. Merokok

Rokok tidak baik untuk tubuh. Selain merusak paru-paru, merokok juga mengacaukan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih rentan terserang flu dan infeksi virus lainnya. 

Nikotin dapat meningkatkan kadar kortisol yang membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi. Merokok juga dapat menurunkan kadar antioksidan pelindung dalam darah. 

Menurut Harvard Health Publishing, cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan tersebut adalah dengan secara bertahap mengurangi jumlah perokok dalam sehari. 

5. Minum alkohol

Minum dan menyemprotkan alkohol ke seluruh tubuh tidak akan membunuh virus corona. 

Minum alkohol secara berlebihan justru dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena mengganggu flora usus dan menyebabkan peradangan hati. 
Penting untuk dipahami bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah berapapun berbahaya bagi tubuh. 

Itulah sebabnya banyak pihak menyarankan untuk tidak mengonsumsinya, terutama selama pandemi virus corona. 

Jadi, daripada minum alkohol, lebih baik minum air putih dengan cukup.

Baca Juga: Telur rebus atau telur goreng yang baik untuk dikonsumsi?


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Awas, 5 Kebiasaan Berikut Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh", 
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Wisnubrata 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×