Ini Jenis Diet yang Terbukti Efektif Mencegah Kanker Usus Besar

Rabu, 22 Desember 2021 | 16:25 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini Jenis Diet yang Terbukti Efektif Mencegah Kanker Usus Besar

ILUSTRASI. Konsumsi buah, sayur, dan ikan bermanfaat mencegah kanker usus besar.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penelitian menunjukkan diet pesco vegetarian bisa mencegah kanker usus besar. 

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari berhubungan dengan tingkat kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Catat! Ini 6 Penyebab Obesitas yang Tidak Boleh Anda Anggap Sepele

Mengutip dari Cleveland Clinic, sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan diet dengan konsumsi buah, sayur, dan ikan dalam porsi sedang bisa mencegah kanker kolorektal. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine menunjukkan diet pesco-vegetarian (dominasi buah, sayur, dan ikan dalam jumlah sedang) dikaitkan dengan penurunan sekitar 45% risiko kanker kolorektal dibandingkan orang yang menjalankan diet dengan mengonsumsi daging. 

Para peneliti di Loma Linda University menganalisis pola makan hampir 78.000 orang dan membandingkan pola makan tersebut dengan tingkat kejadian kanker untuk memperkirakan jumlah orang yang mungkin terkena kanker kolorektal. 

Hasil penelitian menunjukkan vegan memiliki risiko 16% lebih rendah untuk semua kanker kolorektal dibandingkan non vegetarian. 

Para peneliti juga menemukan bahwa vegetarian memiliki risiko 22% lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan dengan pemakan daging.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan diet pesco-vegetarian memberikan pengaruh besar untuk melindungi tubuh dari risiko kanker usus besar tersebut. 

Pentingnya serat 

Makanan yang mengandung serat tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar. 

Para peneliti percaya, serat berpengaruh pada sistem pencernaan, membantu membuang limbah dari dalam tubuh. 

Asal tahu saja, limbah tubuh mengandung karsinogen. "Serat yang tinggi bisa membantu mengurangi karsinogen mempengaruhi sel-sel usus," kata Dr. Scott Steele, Ahli Bedah Kolorektal. 

"Serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti menurunkan gula darah dan kolestero," tambahnya. 

Tidak hanya itu, serat membantu waktu transit produk limbah melalui usus besar dan meredakan gejala wasir. 

Diet 

Sebuah penelitian menunjukkan diet gaya Mediterania, dengan penekanan pada ikan dan buah-buahan dan sayuran segar, adalah contoh yang baik dari diet pesco-vegetarian. 

Hasil studi menunjukkan diet gaya Mediterania menurunkan risiko kanker kolorektal sebesar 43%, dibandingkan dengan diet non-vegetarian.

Baru-baru ini, Komite Penasihat Pedoman Diet merekomendasikan semua orang Amerika makan diet gaya Mediterania, atau diet yang menyediakan sekitar 30% kalori dari lemak. 

Selain makanan laut, buah-buahan dan sayuran, diet Mediterania menekankan biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

“Diet Mediterania adalah diet yang sangat sehat dan membuat kita tidak mengembangkan hal-hal seperti kanker usus besar dan dubur, penyakit jantung dan penyakit lainnya." kata Steele. 

Baca Juga: 3 Alasan Stroberi Baik dan Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru