Ini gejala stroke yang bisa terjadi, ada yang Anda alami?

Senin, 12 April 2021 | 12:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini gejala stroke yang bisa terjadi, ada yang Anda alami?

ILUSTRASI. Gejala perlu segera ditangani supaya tak berdampak terlalu buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Stroke adalah kondisi di mana aliran darah menuju otak tiba-tiba berhenti. Saat hal itu terjadi, sel-sel otak akan mati sehingga berpengaruh pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan apa saja gejala stroke yang bisa Anda alami.

Gejala yang ditangani lebih cepat akan berpengaruh baik pada kesehatan tubuh Anda. Mengutip dari Healthline (healthline.com), usahakan untuk mendapat pertolongan tidak lebih dari satu jam setelah tanda stroke muncul.

Jika terlambat ditangani, masalah kesehatan yang lebih parah bisa terjadi. Bahkan, stroke dapat menyebabkan kematian. Karena hal itu, cobalah untuk memerhatikan ciri-ciri stroke berikut ini.

Senyum Tidak Rata

Gejala stroke pertama yang biasanya muncul adalah senyum yang tidak rata. Biasanya, gejala tersebut muncul secara tiba-tiba tanpa Anda sadari. Selain senyum yang tidak rata, posisi wajah menjadi lebih terkulai atau “turun” daripada biasanya.

Baca Juga: Waspada! Ini 8 tanda peringatan tumor otak yang perlu Anda waspadai

Lengan Mati Rasa

Stroke juga bisa ditandai dengan lengan yang mati rasa dan terasa lemah. Cara mengeceknya cukup mudah. Coba angkat lengan secara bersamaan. Jika lengan tidak stabil dan mudah jatuh, hal itu bisa jadi tanda terjadinya stroke.

Ucapan Kurang Jelas atau Cadel

Healthline menyebutkan bahwa cadel atau ucapan yang kurang jelas jadi tanda stroke berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Cobalah untuk mengucapkan beberapa kata yang biasanya mudah untuk diucapkan. Jika perkataan menjadi cadel dan kurang jelas, hal itu bisa jadi ciri-ciri stroke.

Gejala Stroke Yang Lain

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, stroke juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Mulai dari gangguan penglihatan di salah satu atau kedua mata, kesemutan, kesulitan berjalan, hingga lelah yang terasa di sekujur tubuh.

Baca Juga: Sakitnya terasa menyiksa, ini cara menyembuhkan vertigo tanpa obat-obatan

Tanda Stroke Pada Wanita

Sesak napas jadi salah satu gejala stroke yang bisa dialami wanita.

Stroke yang dialami oleh wanita juga bisa ditandai dengan beberapa kondisi unik. Misalnya, pingsan, sesak napas, kebingungan, halusinasi, mual, muntah, kejang, cegukan, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami gejala itu dan gejala-gejala stroke lain yang sudah disebutkan di atas, segera hubungi tenaga kesehatan.

Jangan menunda niat untuk menghubungi tenaga kesehatan karena justru bisa memperparah kondisi stroke. Seperti yang sudah dikatakan, stroke perlu segera diatasi supaya tidak memberikan dampak terlalu buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: Jangan sepelekan! Ini 10 bahaya hipertensi yang wajib diwaspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru