Kecantikan & Kebugaran

Ini dia cara mengecilkan pori-pori wajah yang wajib Anda coba

Rabu, 08 Juli 2020 | 10:46 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ini dia cara mengecilkan pori-pori wajah yang wajib Anda coba

ILUSTRASI. Menjaga kebersihan bisa dipakai sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah. FORO: KONTAN/Carolus Agus Waluyo/20/09/2010.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda mungkin merasa kurang percaya diri saat pori-pori wajah terlihat besar. Berbagai macam cara mengecilkan pori-pori wajah pun dilakukan. Mulai dari menggunakan produk kecantikan dan cara lainnya.

Padahal, ukuran pori-pori sebenarnya tidak mengalami perubahan. Dilansir dari wellandgood.com, pori-pori yang terlihat lebih besar sebenarnya menunjukkan bahwa jumlah minyak di wajah sedang banyak. Hal tersebut terlihat semakin parah di siang hari karena kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Masih dari laman yang sama, ada beberapa bahan yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah agar pori-pori terlihat lebih kecil. Bahan-bahan tersebut meliputi: salicylic acid, lactid acid, zinc, glycolic acid, dan tea tree oil. Bahan-bahan tersebut bisa membantu eksfoliasi lapisan terluar pori-pori.

Baca Juga: Ini dia berbagai manfaat minyak kelapa

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Goodhousekeeping.com menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Pertama, Anda perlu mencuci wajah secara rutin. Ketika ada kotoran yang menyumbat pori-pori, pori-pori akan meresponnya dengan memperbesar ukurannya.

Anda bisa mencuci wajah dari area hidung, kemudian ke seluruh wajah. Akan lebih baik jika Anda memakai sikat pembersih wajah karena alat tersebut bisa membersihkan kotoran di wajah secara lebih efektif.

Langkah selanjutnya, Anda bisa melakukan eksfoliasi sebanyak dua kali dalam seminggu. Hal itu Anda lakukan agar sel kulit mati terangkat. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya atau memakai produk kecantikan yang memiliki scrub.

Baca Juga: Empat cara jaga kesehatan pori-pori wajah

Goodhousekeeping.com juga menyebutkan bahwa jangan lupa untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Anda bisa memakai pelembab sebanyak dua kali dalam satu hari, yaitu saat pagi dan malam hari. Jika kulit wajah kering, dikhawatirkan tidak hanya pori-pori terlihat besar, tapi akan muncul masalah kulit wajah lainnya.

Selain memakai pelembab, Anda juga perlu menjaga agar kulit tidak dehidrasi dengan cara minum air putih yang cukup. Perawatan dari dalam akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Setelah melakukan cara mengecilkan pori-pori wajah seperti yang telah disebutkan, Anda juga bisa memakai primer sebelum menggunakan alat make up lainnya. Masih dari laman yang sama, primer dapat dipakai agar pori-pori bisa “hilang”.

Anda bisa memakai primer setelah mengaplikasikan rangkaian skin care routine yang Anda miliki. Gunakan primer di seluruh wajah atau pada area wajah yang membutuhkan sebelum memakai alat make up yang lain. Jangan lupa untuk segera menghapus make up saat tidak lagi digunakan, ya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru