Ini dia berbagai manfaat minyak kelapa

Selasa, 02 Februari 2016 | 18:24 WIB   Reporter: Amal Ihsan Hadian
Ini dia berbagai manfaat minyak kelapa

Mungkin Anda sudah tahu, minyak kelapa memiliki fungsi pengobatan dan kecantikan. Lewat pengetahuan secara turun temuran, nenek moyang kita sudah mengajarkan menggunakan minyak kelapa sebagai ramuan terapi untuk banyak masalah kulit. Perkembangan teknologi mengubah gaya hidup kita yang lebih mengutamakan salep dan obat-obatan modern. Padahal, minyak kelapa memiliki banyak kegunaan. Ini sebagian diantaranya:  

1. Menghilangkan ketombe dan merawat rambut
Ketombe muncul karena kulit kepala kering. Kulit kepala yang kering juga membuat rambut menjadi kusam. Minyak kelapa sangat efektif berperan sebagai pelembab. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala saat masih dalam kondisi kering. Oleskan secara merata sambil memijat kepala. Biarkan selama beberapa menit. Setelah itu mandilah seperti biasa. Terapi paling baik dilakukan menjelang mandi sore atau mandi malam. Pagi harinya Anda bisa membilasnya dengan sampo seperti biasa.

2. Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat
Minyak kelapa juga bisa membantu mengurangi munculnya jerawat dan menghilangkan jerawat. Umumnya, jerawat muncul karena pori-pori kulit Anda tersumbat kotoran. Minyak kelapa tidak hanya membantu membersihkan pori-pori tapi juga mengurangi pembengkakan di sekitar daerah tersebut. Bekas jerawat juga dapat diobati dengan memakai minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa secara teratur akan mengurangi bekas jerawat dan membersihkan wajah Anda. Oleskan minyak kelapa di wajah secara merata dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu bilaslah seperti biasa dengan sabun muka.

3. Menyembuhkan kulit gatal dan ruam.
Minyak kelapa memiliki fungsi penting lain menyembuhkan gatal, terutama di bagian yang sensitif (baca Selangkangan Gatal? Ini Dia Cara Mengatasinya). Minyak kelapa menenangkan dan menghidrasi kulit sehingga kulit kering tidak bisa berkembang. Minyak kelapa juga efektif menyembuhkan iritasi dan ruam kulit. Caranya, oleskan minyak kelapa di bagian tubuh yang gatal atau iritasi dan diamkan semalaman. Tak butuh waktu lama untuk iritasi dan gatal Anda menghilang.

4. Menyembuhkan luka
Minyak kelapa juga memiliki fungsi penting lain menyembuhkan luka. Minyak kelapa terutama sangat penting untuk menyembuhkan luka yang sulit diobati dengan obat biasa karena khawatir tertelan seperti sariawan atau luka pada puting payudara akibat menyusui. Caranya tak sulit. Cukup oleskan minyak kelapa secara rutin pada bagian yang luka dan diamkan selama beberapa saat. Tak butuh waktu lama untuk luka dan nyeri Anda menghilang.

 

Editor: Amal Ihsan


Terbaru