kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,72   2,08   0.22%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Daftar Makanan yang Bisa Ganggu Kesuburan, Wajib Dihindari saat Promil


Jumat, 04 November 2022 / 13:58 WIB
Ini Daftar Makanan yang Bisa Ganggu Kesuburan, Wajib Dihindari saat Promil
ILUSTRASI. Ini Daftar Makanan yang Bisa Ganggu Kesuburan, Wajib Dihindari saat Promil.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Pola hidup, termasuk di dalamnya pola makan, dapat mempengaruhi kesuburan seseorang. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu bisa menimbulkan masalah kesuburan.

Sebenarnya banyak faktor yang dapat berperan dalam kemampuan individu atau pasangan untuk hamil. Salah satunya adalah nutrisi yang baik yang menjadi kunci kesuburan. 
Beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah melakukan penelitian tentang pola diet dan makanan tertentu yang harus ditambah atau dikurangi dari gaya hidup untuk mendapatkan peluang terbaik saat pembuahan terjadi.

Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIK Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Firdausi Nuzula, memaparkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh calon ibu saat sedang program kehamilan (promil).

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Bisa untuk Turunkan Gula Darah dan Kolesterol!

Makanan dan minuman tinggi gula

Makanan pertama yang harus dihindari agar kesuburan tetap terjaga adalah soda dan makanan tinggi gula. 

Menurut Firda, gula menyebabkan peradangan dan mengubah hormon, termasuk hormone reproduks,) dan menghambat ovulasi. 

Gula tersembunyi di banyak makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti dalam soda, minuman energi, dan banyak minuman manis yang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman manis dengan jumlah yang banyak berdampak pada kualitas telur serta kualitas embrio pada wanita. 

Studi lain juga mengatakan bahwa minuman manis, terutama soda dan minuman energi, memiliki efek buruk pada kesuburan pria dan wanita.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau fastfood juga perlu dihindari jika Anda sedang menjalani program hamil. Makanan cepat saji mengandung kadar lemak dan garam yang cukup tinggi. 
Keduanya diketahui dapat mengganggu ovulasi hingga menurunkan kesuburan perempuan. 

Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed pada tahun 2018 lalu menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji dan kurang mengonsumsi buah segar lebih sulit untuk hamil.

Makanaan mentah

Makanan mentah dapat mengandung salmonella, bakteri atau toxoplasmosis.

“Hindari daging dan telur mentah atau setengah matang untuk mencegah infertilitas pada wanita. Pastikan untuk memasak semua secara menyeluruh dan matang,” ucap Firda dikutip dari situs UM Surabaya.

Baca Juga: Tanda Bahaya Diare Anak dan Cara Tepat Mengatasinya, Orangtua Jangan Panik

Alkohol

Minuman yang wajib dihindari karena berpotensi mengganggu kesuburan adalah alkohol. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan pada wanita dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon seks, mempengaruhi ovulasi.

Ikan tinggi merkuri

Ikan memang baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi yang baik. Namun ikan yang mengandung mekuri tinggi justru bisa mengganggu kesuburan.

Ikan laut yang tinggi merkuri adalah makanan yang sebaiknya dihindari ketika seorang wanita program kehamilan.

Menurut Firda, saat seseorang mengkonsumsi ikan kaya merkuri secara rutin, hal tersebut dapat membuat simpanan merkuri di tubuh menjadi banyak yang dapat mempengaruhi kesuburan.

“Bahkan setelah hamilpun dapat memengaruhi sistem saraf bayi yang sedang berkembang dalam kandungan. Pilih makanan laut yang rendah merkuri.” jelasnya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×