kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cara merawat kesehatan mata saat WFH selama pendemi buat pekerja dan pelajar


Kamis, 08 Juli 2021 / 11:27 WIB
Ini cara merawat kesehatan mata saat WFH selama pendemi buat pekerja dan pelajar
ILUSTRASI. Ini cara merawat kesehatan mata saat WFH selama pendemi buat pekerja dan pelajar. KONTAN/Carolus Agus Waluyo/18/03/2020.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Menjaga kesehatan tubuh terutama mata saat menjalani Work from Home (WFH) sangat penting dilakukan. Keterbatasan kegiatan di luar rumah selama pandemi memaksa masyarakat melakukan kegiatan secara online atau daring. 

Hal ini menyebabkan frekuensi menatap layar gadget atau gawai menjadi meningkat. Imbasnya, gangguan kesehatan mata seperti mata lelah sering dialami masyarakat. 

Melansir laman Universitas Airlangga (Unair), Dokter spesialis mata Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), dr. Mohamad Nurdin Zuhri, menjelaskan jika banyak pasien di era pandemi ini mengalami kelelahan mata, mata kering, maupun kelainan refraksi atau kabur pada penglihatan. 

“Biasanya yang paling banyak di klinik itu banyak orang tua yang membawa anaknya dengan keluhan anak yang mengalami kabur penglihatan atau mata lelah, setelah diperiksa, kita diagnosis terkena miopi atau astigmatisma ” terang Nurdin. 

Agar kesehatan mata tetap terjaga selama WFH atau belajar di rumah, berikut ini tips menjaga kesehatan mata dirangkum dari lama Unair.

Baca Juga: Hal-hal yang harus dilakukan orangtua jika anak positif Covid-19

  • Mengatur jarak mata dengan layar

Saat WFH sering kali kita merasakan kelelahan pada mata terlebih jika terlalu lama menatap layar gadget. Salah satu penyebab mata lelah adalah jarak mata dengan layar gawai yang terlalu dekat. 

Nurdin menjelaskan ketika melihat dalam jarak yang dekat, maya akan mengalami penyesuaian untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang dilihat. 

Saat penyesuaian ini otot maka akan mengalami kontraksi yang menyebabkan kelelahan pada mata. 

Kontraksi tersebut bisa diibaratkan dengan tubuh kita saat mengangkat beban berat. jika hanya sebentar mungkin tubuh masih kuat mengangkatnya, namun jika terlalu lama akan membuat tubuh lelah. 

Karenanya, mengatur jarak saat menggunakan gawai penting dilakukan. Selain itu posisi tubuh juga berpengaruh pada jarak ideal saat menggunakan gadget

Biasanya jarak yang ideal saat menggunakan gawai adalah sekitar 40-40 cm atau dengan jarak satu lengan.

“Jarak yang baik antara mata dengan gawai itu tergantung postur tubuh sebenarnya, karena postur tubuh setiap orang pasti berbeda,” jelas Nurdin.   




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×