Ini cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun

ILUSTRASI. Berbagai macam cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun bisa Anda coba.


KONTAN.CO.ID - Tidak bisa mencium bau bisa membuat Anda tak nyaman. Cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun perlu segera Anda lakukan untuk menghindari masalah yang lebih parah.

Sebab, jika terus dibiarkan, indra penciuman Anda pun bisa ikut bermasalah.

Akhir-akhir ini, penurunan fungsi indra penciuman lebih banyak dikaitkan dengan infeksi Covid-19. Namun, kondisi tersebut juga bisa terjadi karena faktor lain, lo. Mulai dari sinutisi, infeksi flu, dan jenis penyakit yang lain.

Sebenarnya, kemampuan indra penciuman yang hilang bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini bisa jadi salah satu cara untuk mempercepat proses penyembuhan. Usahakan untuk rutin melakukannya supaya hasilnya lebih maksimal.

Air putih

Laman Simplicity mengatakan, kondisi mulut yang kering, atau biasa disebut dengan istilah dry mouth, bisa jadi penyebab hilangnya fungsi indra penciuman. Maka dari itu, Anda perlu menghindari kondisi dry mouth dengan minum banyak air putih.

Baca Juga: 4 Cara mengembalikan indra perasa yang perlu Anda coba

Daun mint

Cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun bisa dengan daun mint.

Cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan daun mint.

Caranya, rebus beberapa lembar daun mint dalam air. Setelah itu, usahakan untuk minum air rebusan daun mint sebanyak dua kali dalam sehari.

Bawang Putih

Supaya fungsi indra penciuman membaik, cobalah untuk menggunakan bawang putih. Mengutip dari Simplicity, bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengembalikan kemampuan indra penciuman.

Caranya, rebus dua sampai tiga siung bawang putih dalam air. Setelah mendidih, diamkan sebentar sampai suhunya turun.

Minum air rebusan bawang putih hangat sebanyak dua kali sehari. Kandungan dalam bawang putih mampu mengobati hidung tersumbat sehingga fungsi indra penciuman pun kembali.

Baca Juga: Anda perlu jajal, ini 4 cara mengembalikan indra perasa

Lemon

Lemon termasuk cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun.

Lemon juga bisa jadi cara mengobati hidung yang tidak bisa mencium bau apa pun. Selain memiliki aroma yang khas, lemon juga dipenuhi dengan vitamin C yang efektif melawan infeksi bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur air perasan lemon dengan madu dalam segelas air hangat. Konsumsi air campuran itu secara teratur. Selain itu, mengonsumsi lemon dalam bentuk acar juga bisa Anda coba.

Selanjutnya: Cara menjaga kesehatan pasca sembuh dari Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru