Kesehatan Umum

Ini cara mencegah penyebaran virus corona saat rapat di kantor

Selasa, 28 Juli 2020 | 11:35 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ini cara mencegah penyebaran virus corona saat rapat di kantor

ILUSTRASI. Rapat di kantor menjadi salah satu penyebab penyebaran virus corona

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengutip dari akun Twitter resmi miliki BNPB (@BNPB_Indonesia), per tanggal 27/7 terdapat penambahan positif Corona sebanyak 1.525 kasus sehingga jumlah positif Corona di Indonesia mencapai 100.303 kasus. Angka tersebut menunjukkan bahwa kerja sama dari semua pihak diperlukan untuk melandaikan kurva kasus Corona.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyebutkan bahwa klaster perkantoran adalah salah satu penyumbang kasus positif Corona. Wiku meminta agar kantor atau lembaga yang beroperasi disiplin menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, pembagian sif kerja agar tidak ada penumpukan pegawai dalam kantor dalam satu waktu.

Bertambahnya positif Corona juga perlu diantisipasi dengan penerapan protokol kesehatan saat ada rapat kantor. Bersumber dari covid19.go.id, ada 5 hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan protokol kesehatan saat rapat atau kegiatan lain di lingkungan perkantoran.

Baca Juga: Ini minuman yang baik dikonsumsi penderita asam lambung

Perhatikan Sirkulasi Udara

Karena Virus Corona bisa menyebar melalui udara, Anda harus memperhatikan sirkulasi udara ruangan saat rapat. Sirkulasi udara yang bagus tentunya akan membuat resiko penularan virus semakin kecil sehingga kemungkinan penambahan kasus positif Corona juga ikut berkurang. 

Covid19.go.id menyebutkan bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan rapat. Matikan pendingin ruangan dan buka jendela agar sirkulasi udara tetap berjalan dengan baik.

Durasi Rapat

Durasi rapat yang tidak terlalu panjang juga bisa Anda lakukan untuk menghindari penambahan kasus positif Corona dari klaster perkantoran. Covid19.go.id menyarankan agar rapat tidak berlangsung selama lebih dari 30 menit. Bahas masalah-masalah dengan urgensi tinggi selama rapat.

Jaga Jarak

Menjaga jarak sudah menjadi protokol kesehatan yang dilakukan di semua tempat. Karena partikel Virus Corona terlalu kecil, Anda harus menjaga jarak dengan peserta rapat lainnya agar tidak menulari dan tidak tertular Virus Corona.

Baca Juga: Ampuh! Inilah cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Selain menjaga jarak, pastikan untuk selalu menggunakan masker dengan benar. Pakailah masker hingga menutupi mulut dan hidung secara menyeluruh dan jangan turunkan masker sampai ke dagu. Bila saat rapat Anda benar-benar harus melepas masker, masker bisa dilepas secara menyeluruh dan disimpan di sebuah wadah agar tetap aman saat harus dipakai lagi.

Hindari Makanan dan Minuman

Covid19.go.id mengingatkan agar tidak menghidangkan makanan dan minuman saat rapat karena bisa beresiko menambah kasus positif Corona. Peserta rapat memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membuka masker dan menyantap makanan sehingga ada kemungkinan untuk tertular Virus Corona.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru