kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cara konsumsi madu yang baik untuk kesehatan


Minggu, 19 Juli 2020 / 16:43 WIB
Ini cara konsumsi madu yang baik untuk kesehatan
ILUSTRASI. A bee is seen on a honeycomb at the apiary of beekeeper Anna Lobyntseva, 66, in the village of Radkovka, in Belgorod region, Russia August 10, 2018. Picture taken August 10, 2018. REUTERS/Tatyana Makeyeva. Ilustrasi cara konsumsi madu yang baik untuk kese


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Madu memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, Anda jangan asal minum madu. Berikut cara tepat konsumsi madu yang baik untuk kesehatan.  

Sejak zaman kuno, madu dikenal sebagai salah satu makanan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 

Sebuah temuan yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tahun 2013 menunjukkan bahwa madu telah digunakan oleh manusia sejak 8.000 tahun lalu. 

Baca Juga: Madu ampuh meredakan asam lambung, begini cara konsumsinya

Dalam berbagai budaya, selama berabad-abad, madu digunakan dalam keperluan pengobatan. 

Salah satu yang paling dikenal adalah penggunaan madu dalam pengobatan Ayurveda sela sebagai obat pencernaan dan ketidakseimbangan pada tubuh. 

Sampai sekarang pun, madu memang terbukti memiliki berbagai khasiat kesehatan. 

Merangkum dari Healthline, madu memang dikaitkan dengan manfaat bagi tubuh seperti baik untuk kesehatan jantung, penyembuhan luka, hingga kadar antioksidan dalam darah. 

Ini karena madu mengandung sejumlah vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, dan flavanoid. Cairan manis ini juga memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang bermanfaat bagi tubuh. 

Meski begitu, mengonsumsi madu tetap ada aturannya. Terlalu banyak mengonsumsi madu bisa menyebabkan efek buruk karena kadar gula dan kalorinya yang tinggi. 

Lalu, bagaimana cara paling sehat mengonsumsi madu? 

Manfaat madu bisa Anda rasakan dengan cara membuatnya sebagai pengganti gula dan menikmatinya dalam jumlah sedang. 

Melansir dari Time.com, Para ahli menegaskan pentingnya mengonsumsi madu dalam jumlah sedang. Maksudnya, madu dikonsumsi hanya satu sendok makan saja setiap harinya. 

Dalam ukuran tersebut, madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa. Anda bisa mencampurkan madu pada teh atau kopi, mengoleskannya pada roti, atau mencampurkannya pada sereal. 

Dikutip dari Medical News Today, Anda juga bisa menggunakan aturan umum dengan menggantikan satu sendok gula dengan 3/4 cup madu saat membuat kue. 

Sedangkan dalam memilih jenis madu terbaik, para ahli menyarankan untuk memilih yang berwarna lebih gelap. Umumnya, warna yang makin gelap menunjukkan kadar antioksidan yang lebih tinggi. 

Sayangnya, makin gelap warna madu rasanya akan lebih pahit. Perlu diingat, Anda sebaiknya tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia satu tahun. Sebab anak bayi bisa mengembangkan risiko botulisme, yaitu racun dari jenis bakteri tertentu yang disebut Clostridium botulinum. 

Setelah usia satu tahun, sistem pencernaan manusia telah cukup siap untuk melawan racun berpotensi bahaya tersebut.(Resa Eka Ayu Sartika) 

Baca Juga: Ini obat herbal yang ampuh meredakan batuk berdahak dan batuk kering

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Paling Sehat Konsumsi Madu",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×