kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi di Cuaca Panas, Kaya Elektrolit


Jumat, 29 September 2023 / 13:05 WIB
Ini 9 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi di Cuaca Panas, Kaya Elektrolit


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali makanan untuk mencegah dehidrasi di cuaca panas. Konsumsi makanan sehat dan bergizi tentu wajib Anda lakukan untuk menghadapi cuaca ekstrem.

Saat menghadapi cuaca panas dan ekstrim, penting untuk memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi, mendapatkan nutrisi yang tepat, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Sehingga, Anda perlu memenuhi beberapa kebutuhan baik dari minuman dan makanan sehat.

Berikut adalah beberapa nutrisi beserta tips untuk membantu menjaga kesehatan tubuh selama cuaca panas.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Yogurt

Kebutuhan nutrisi saat cuaca panas

Anda perlu cek daftar makanan yang memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh.

  • Air: Konsumsi air yang cukup adalah kunci utama. Minumlah air secara teratur sepanjang hari untuk menggantikan kehilangan cairan akibat keringat. Jangan tunggu sampai merasa haus, minumlah secara teratur bahkan jika tidak merasa haus.
  • Buah-buahan dan Sayuran Segar: Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak air, elektrolit, vitamin, dan mineral.
  • Koktail Buah: Buat koktail buah segar dengan buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan semangka. Ini dapat memberikan hidrasi tambahan dan memberikan rasa segar.
  • Minuman Elektrolit: Konsumsi minuman elektrolit atau minuman olahraga rendah gula untuk menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat. Elektrolit seperti natrium, kalium, dan klorida penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Minuman Herbal dan Teh Tanpa Kafein: Teh herbal seperti peppermint atau chamomile, serta minuman tanpa kafein seperti infus buah-buahan, bisa menjadi pilihan baik untuk hidrasi tambahan dan kesegaran.
  • Makanan Kaya Air: Pilih makanan seperti sup, salad, dan makanan yang memiliki kandungan air tinggi untuk membantu menjaga hidrasi tubuh.

Periksa sederet makanan untuk mencegah dehidrasi di cuaca panas dilansir dari laman NDTV

Baca Juga: Daun Mangga Bisa untuk Atasi Darah Tinggi & Diabetes, Cek Manfaat Lainnya

Makanan yang memiliki banyak nutrisi

1. Pisang

Pisang membantu mengecilkan jaringan sehingga meningkatkan kemampuannya untuk menyerap air. Ini membantu tubuh tetap terhidrasi dan membuat tubuh tetap sejuk. Ini juga merupakan camilan yang mengenyangkan dan alternatif yang lebih sehat untuk camilan yang membuat dehidrasi.

2. Alpukat

Tidak seperti daging merah dan lemak jenuh lainnya, alpukat merupakan sumber lemak sehat. Buah ini dapat menjaga tubuh Anda tetap sejuk tidak seperti makanan lain yang kaya lemak sehat.

3. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan air sehingga menjadikannya tambahan yang ideal untuk diet musim panas Anda. Sementara, ada juga kaya akan vitamin C yang membantu melindungi tubuh Anda dari sinar matahari.

4. Mentimun

Mentimun dengan kandungan isi yang mayoritas terdiri dari air sehingga membantu menjaga tetap terhidrasi dan tubuh tetap sejuk. Sedangkan, ada juga kaya serat dan membantu pencernaan yang mungkin terpengaruh di musim panas.

5. Kelapa

Kelapa merupakan superfood menyegarkan yang memiliki beragam manfaat. Kulit kelapa, minyak, dan air semuanya menghidrasi dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Bahkan, air dari kelapa dengan umur yang lebih muda bisa membantu mengatur tekanan darah.

6. Kedelai

Kedelai dan produknya seperti tahu dan edamame merupakan sumber protein yang baik. Makanan kaya protein seperti daging unggas dan daging merah dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga membuat Anda merasa panas.

7. Buah beri

Buah beri kaya akan air dan berbagai nutrisi lain yang membantu menyehatkan tubuh. Beberapa jenis buah ini juga kaya akan antioksidan.

Sifat Antioksidan dapat membantu melindungi dari radikal eksternal seperti sinar matahari dan racun lain yang mungkin rentan alami di musim panas.

8. Semangka

Mirip dengan mentimun, semangka sekitar 90% terdiri dari air. Ini menjadikannya cara yang enak untuk menjaga kadar air yang tepat dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat yang membantu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh cuaca panas

9. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan super yang paling menyegarkan. Yogurt dapat dikonsumsi dengan berbagai cara dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk. Buttermilk juga dapat membantu mengurangi panas tubuh.

Selain nutrisi, penting juga untuk mengambil istirahat yang cukup, hindari beraktivitas fisik berlebihan di bawah sinar matahari langsung, dan kenakan pakaian yang sesuai untuk cuaca panas.

Demikian informasi terkait makanan yang memiliki banyak nutrisi yang wajib Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×