kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Ramuan Kombinasi Jeruk Nipis dengan Bahan Alami Lain untuk Kesehatan


Senin, 02 Oktober 2023 / 16:14 WIB
Ini 8 Ramuan Kombinasi Jeruk Nipis dengan Bahan Alami Lain untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Ini 8 Ramuan Kombinasi Jeruk Nipis dengan Bahan Alami Lain untuk Kesehatan


Penulis: Bimo Kresnomurti

Ramuan Kombinasi Jeruk Nipis - JAKARTA. Simak kombinasi jeruk nipis dengan bahan lainnya sebagai obat alami. Buah jeruk nipis punya banyak khasiat untuk berbagai keperluan kesehatan.

Jeruk nipis adalah buah yang berasal dari genus Citrus dan memiliki nama ilmiah Citrus aurantiifolia. Jeruk nipis memiliki ciri khas kulitnya yang hijau kekuningan hingga kuning pucat, bentuknya kecil dan bulat, serta rasanya yang asam dan segar. 

Jeruk purut adalah jeruk nipis kecil, bulat, asam yang digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Rata-rata jeruk nipis yang berdiameter 2 inci mengandung beberapa vitamin dan nutrisi.

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral berikut: kalsium, magnesium, fosfor, seng, vitamin B1, vitamin B2, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K.

Baca Juga: 5 Tingkatan Stadium dalam Penyakit Kanker, Mulai Tahap 0 hingga Tahap 4

Jeruk nipis

Rata-rata jeruk nipis berukuran 2 inci menghasilkan 44 g jus, dan jus tersebut mengandung vitamin dan mineral yang sama dengan jeruk nipis utuh, tetapi hanya dengan 11 kalori.

Jeruk nipis digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan batuk dan pilek, membersihkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi gangguan pencernaan, dan sebagai antiseptik alami.

Ada beberapa resep maupun ramuan alami untuk kombinasi jeruk nipis dengan bahan lain.

Berikut adalah beberapa kombinasi jeruk nipis yang dapat memberikan manfaat kesehatan dirangkum dari laman Healthline.

Baca Juga: Ambang Batas Hipertensi menurut WHO, Berbeda dengan Anggapan Umum

Kombinasi jeruk nipis dengan bahan lain

1. Jeruk Nipis dengan Air Hangat

Air jeruk nipis hangat

Kombinasi jus jeruk nipis dengan air hangat dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan membantu dalam penurunan berat badan. Air hangat juga dapat membantu melarutkan lendir dan mengurangi batuk.

2. Jeruk Nipis dengan Jahe

Kombinasi jus jeruk nipis dengan jahe memiliki efek anti-inflamasi dan bisa membantu meredakan gejala pilek atau flu. Jahe juga dapat membantu memperlancar pencernaan.

3. Jeruk Nipis dengan Madu

Air jeruk nipis madu

Campuran jus jeruk nipis dengan madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi radikal bebas karena kandungan antioksidan, dan membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan.

4. Jeruk Nipis dengan Kunyit

Resep seperti jus jeruk nipis dengan kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kombinasi ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mendukung kesehatan sendi.

5. Jeruk Nipis dengan Teh Hijau

Teh hijau dan jeruk nipis

Menggabungkan jeruk nipis dengan teh hijau meningkatkan manfaat antioksidan dan membantu meningkatkan metabolisme. Kombinasi ini juga baik untuk detoksifikasi tubuh.

6. Jeruk Nipis dengan Yogurt

Mengombinasikan jeruk nipis dengan yogurt dapat memberikan manfaat untuk pencernaan dan memberikan asupan probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

7. Jeruk Nipis dengan Lidah Buaya

Jeruk nipis

Kombinasi jus jeruk nipis dengan lidah buaya dapat membantu meredakan kulit yang terbakar matahari, mempercepat penyembuhan luka, dan memberikan kulit nutrisi penting.

8. Jeruk Nipis dengan Baking Soda

Campuran jeruk nipis dengan baking soda bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan dan membantu mengurangi keasaman lambung. Namun, perlu digunakan dengan hati-hati dan dalam jumlah yang tepat.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang dapat memiliki respons yang berbeda terhadap kombinasi ini, jadi selalu perhatikan reaksi tubuh dan konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam diet atau pengobatan tertent.

Demikian informasi sederet daftar kombinasi jeruk nipis dengan bahan lainnya yang cocok untuk berbagai khasiat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×