kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Manfaat Renang untuk Anak-Anak saat Masa Pertumbuhan


Jumat, 02 Juni 2023 / 10:05 WIB
Ini 8 Manfaat Renang untuk Anak-Anak saat Masa Pertumbuhan


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat renang untuk anak-anak yang wajib diketahui orang tua. Anak-anak yang sedang dalam tubuh kembang perlu beberapa aktivitas fisik olahraga.

Renang adalah kegiatan berenang di dalam air, yang melibatkan gerakan tubuh yang teratur dan terkoordinasi.

Selain itu, renang bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan dan pertumbuhan tubuh.

Nah, orang tua bisa memulai memperkenalkan kegiatan renang ke anak-anak mulai dari balita.

Baca Juga: 5 Sumber Vitamin untuk Anak dari Bahan Alami, Bantu Masa Pertumbuhan

Manfaat renang untuk anak-anak

Untuk latihan renang anak, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dilansir dari Why Cos.

Manfaat renang untuk anak-anak

Simak beberapa manfaat renang memiliki banyak manfaat bagi anak-anak berikut ini.

1. Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Renang merupakan olahraga aerobik yang melibatkan gerakan seluruh tubuh. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat otot jantung dan paru-paru, meningkatkan kapasitas paru-paru, serta meningkatkan sirkulasi darah.

2. Kebugaran Fisik

Renang melibatkan gerakan seluruh tubuh, termasuk lengan, kaki, dan inti tubuh. Ini membantu membangun kekuatan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

3. Koordinasi dan Keseimbangan

Renang melibatkan gerakan tubuh yang koordinatif, seperti berenang dengan baik, mengayuh tangan dan kaki secara sinkron, serta menjaga keseimbangan di dalam air. Ini membantu meningkatkan koordinasi tubuh dan keseimbangan.

4. Pengembangan Motorik

Renang melibatkan gerakan tubuh yang kompleks, seperti mengayuh tangan dan kaki, menggerakkan tubuh dalam air, dan melakukan gerakan berirama. Ini dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar anak.

5. Kebugaran Mental dan Emosional

Renang dapat membantu mengurangi stres dan kegelisahan anak, serta meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional. Air memiliki efek menenangkan dan menyenangkan yang dapat membantu anak merasa rileks dan bahagia.

6. Kepercayaan Diri

Melalui renang, anak-anak dapat mengatasi ketakutan terhadap air dan belajar keterampilan baru. Meningkatnya kemampuan renang akan meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan dorongan positif pada perkembangan pribadi.

7. Keamanan di Air

Renang merupakan keterampilan hidup yang penting untuk dikuasai oleh setiap anak. Dengan mengajarkan anak renang sejak dini, dapat mengembangkan kecakapan dan kesadaran akan keselamatan di air, yang sangat penting untuk mencegah kecelakaan.

8. Sosialisasi dan Interaksi

Renang sering kali dilakukan dalam kelompok atau di kolam renang umum. Ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya, mengembangkan keterampilan sosial, dan memperluas lingkaran pergaulan.

Renang adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak. Namun, penting untuk selalu mengawasi anak selama berada di air dan memastikan berada dalam pengawasan yang aman.

Pastikan untuk memberikan pelatihan renang yang sesuai dan didampingi oleh instruktur atau pelatih yang berkualitas untuk membantu anak mengembangkan teknik renang yang baik dan aman.

Demikian beberapa manfaat renang untuk anak-anak saat masa pertumbuhan yang wajib diketahui orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×