kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Renang, Tidak Hanya Untuk Kesehatan Badan, Tapi Juga Pikiran


Minggu, 05 Maret 2023 / 05:45 WIB
Manfaat Renang, Tidak Hanya Untuk Kesehatan Badan, Tapi Juga Pikiran


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Manfaat renang yang banyak diketahui adalah membantu menambah tinggi badan. Namun tidak hanya itu, ada banyak manfaat renang untuk kesehatan badan maupun psikis. Apa saja manfaat renang?

Manfaat renang bagi tubuh ternyata luar biasa. Olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini rupanya terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari.

Berenang bolak-balik dari ujung ke ujung kolam renang, dapat menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan latihan yang itu-itu saja, seperti berlari di atas treadmill. Pasalnya, manfaat renang dapat menciptakan perasaan menyenangkan, dengan peluang cedera yang lebih kecil.

Berenang dalam air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada otot-otot yang pegal. Sebaliknya, berenang saat cuaca panas bisa membuat kita tetap dalam keadaan ‘dingin’.

Dengan memilih renang sebagai olahraga rutin atau hobi, kita dapat memperoleh manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Berikut manfaat renang bagi tubuh:

Baca Juga: Ingin Gula Darah Terkontrol? Ini 6 Olahraga yang Baik untuk Penderita Diabetes

1. Melatih seluruh tubuh

Manfaat renang yang pertama adalah melatih seluruh tubuh. Ketika berenang, kita akan menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki, hingga perut.

2. Memperkuat otot kardiovaskular

Sebagai salah satu latihan kardio, manfaat renang bagi tubuh bisa didapatkan karena berenang bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru, serta menyehatkan sistem pernapasan. Oleh sebab itu, renang termasuk pilihan olahraga rutin yang tepat.

3. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat renang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

4. Membakar kalori dalam tubuh

Manfaat renang yang keempat adalah membakar kalori dalam tubuh. Jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dilakukan.

Sebagai contoh, orang dengan berat badan 83 kg yang berenang selama 30 menit dikatakan mampu membakar hingga 226 kilo kalori. Luar biasa, bukan?

5. Baik untuk orang yang cedera

Manfaat renang yang kelima adalah bagus untuk orang yang cedera. Ketika berenang, air akan membantu dalam menopang beban tubuh. Dengan ini, sendi dan tulang pun tidak bekerja terlalu berat.

Misalnya saja bagi orang yang menderita radang sendi atau keseleo, renang termasuk salah satu pilihan olahraga terbaik yang tidak membebani sendi yang sakit atau otot dan ligamen yang cedera.

6. Mengurangi tingkat keparahan penyakit asma

Manfaat renang yang keenam adalah mengurangi tingkat keparahan penyakit asma. Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu kita dalam mengendalikan sistem pernapasan.

Manfaat renang bagi tubuh yang satu ini tentu baik bagi penderita asma. Meski demikian, bahan disinfektan yang biasanya terdapat dalam air kolam renang dinilai kurang baik untuk para penderita asma. Karena itu, mereka disarankan untuk berhati-hati.

7. Meringankan gejala penyakit multiple sclerosis

Manfaat renang yang ketujuh adalah meringankan gejala penyakit multiple sclerosis. Studi tertentu menemukan bahwa rasa sakit pada penderita multiple sclerosis dapat berkurang jika menjalani program berenang secara rutin selama 20 minggu. Perbaikan kondisi juga ditemukan pada menurunnya tingkat depresi dan rasa lelah yang berkaitan dengan penyakit ini.

8. Bisa dilakukan oleh para difabel

Manfaat renang yang kedelapan adalah dapat menjadi olahraga para difabel. Para difabel tidak memiliki pilihan aktivitas olahraga sebanyak orang yang normal.

Renang merupakan jenis olahraga yang baik untuk dilakukan oleh para difabel. Selain melatih otot, berenang juga dikatakan dapat meningkatkan kepercayaan diri maupun meningkatkan keterampilan sosial bagi kaum para penyandang cacat.

9. Aman dilakukan saat sedang hamil

Manfaat renang yang kesembilan adalah bagus untuk ibu hamil. Bertambahnya berat badan selama masa kehamilan tak jarang membuat para ibu hamil sering merasa pegal dan nyeri pada bagian otot dan sendi.

Jangankan jalan kaki, tidur pun rasanya sulit. Untuk mengurangi keluhan tersebut, olahraga renang dapat menjadi pilihan yang baik agar ibu hamil tetap sehat. Manfaat renang bagi tubuh ibu hamil bisa diperoleh berkat air yang membantu dalam menahan beban tubuh ketika ibu hamil sedang berenang.

10. Membantu mengatasi masalah gangguan tidur

Manfaat renang yang ke-10 adalah membantu mengatasi masalah gangguan tidur. Orang yang sering mengalami gangguan tidur insomnia, dapat merasakan manfaat renang bagi tubuh jika melakukannya secara rutin. Berenang dikatakan bisa meningkatkan kualitas tidur mereka.

11. Meningkatkan suasana hati (mood)

Manfaat renang yang ke-11 adalah meningkatkan suasana hati. Ketika kita berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati. Termasuk ketika kita berenang.

12. Membantu mengendalikan stres

Manfaat renang yang ke-12 adalah membantu mengendalikan stres. Berenang dapat membuat tubuh lebih rileks. Dengan ini, perasaan cemas dan stres pun bisa berkurang. Selama berenang, kita juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dihadapi.

13. Cocok untuk segala usia

Manfaat renang yang ke-13 adalah bisa menjadi olahraga segala usia. Berapapun usia kita, tidak ada batasan umur untuk belajar berenang. Jadi, tak perlu khawatir jika baru mulai belajar berenang saat sudah tidak muda lagi.

14. Keterampilan yang penting untuk dimiliki

Manfaat renang yang ke-14 adalah sebagai ketrampilan yang perlu dimiliki. Kita tidak tahu kapan kecelakaan atau musibah akan terjadi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila menambahkan kemampuan berenang untuk berjaga-jaga.

15. Tidak membosankan

Manfaat renang yang ke-15 adalah tidak membosankan. Renang termasuk olahraga dengan banyak variasi gerakan. Karena itu, berenang tidak akan membosankan.

Itulah berbagai manfaat renang untuk kesehatan badan maupun pikiran. Sudahkah Anda renang hari ini?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "16 Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Tak Bisa Diremehkan",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×