kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,10   12,79   1.41%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Daftar Persiapan Sebelum Tes Kesehatan Agar Mendapatkan Hasil Terbaik


Senin, 18 September 2023 / 09:42 WIB
Ini 8 Daftar Persiapan Sebelum Tes Kesehatan Agar Mendapatkan Hasil Terbaik
ILUSTRASI. Ini 8 Daftar Persiapan Sebelum Tes Kesehatan Agar Mendapatkan Hasil Terbaik. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar persiapan sebelum melakukan tes kesehatan atau general check-up. Medical check up diperlukan untuk berbagai urusan termasuk pekerjaan maupun perjalanan jauh dengan rekam medis terbaru.

Tes kesehatan umum merupakan serangkaian pemeriksaan medis standar yang dilakukan untuk mengevaluasi kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh.

Tujuan dari tes kesehatan umum adalah untuk mendeteksi dini potensi masalah kesehatan, mengidentifikasi faktor risiko, dan memberikan gambaran umum tentang status kesehatan seseorang.

Tes kesehatan umum dapat melibatkan pemeriksaan fisik, analisis laboratorium, dan penilaian risiko berdasarkan riwayat medis dan gaya hidup individu.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Kencing Berbusa beserta Cara Mengatasi Urin Tak Wajar

Persiapan tes kesehatan

Dokter akan mengumpulkan informasi tentang riwayat medis, gejala yang dialami, obat-obatan yang dikonsumsi, dan riwayat keluarga. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mengevaluasi berbagai bagian tubuh.

Agar Anda mendapatkan hasil tes kesehatan terbaik sesuai dengan riwayat sakit, maka Anda memerlukan beberapa persiapan.

Tentunya, ini akan memberikan dampak yang berbeda agar rekam medis tersebut menampilkan kondisi yang sebenernya.

Sehingga, persiapan berikut ini tidak secara langsung menutupi kondisi gejala penyakit tertentu apabila sudah menjadi penyakit bawaan seseorang.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Untuk itu, simak beberapa persiapan sebelum tes kesehatan dilansir dari Medical Exam.

1. Tidur malam yang nyenyak

Apabila Anda bertanya-tanya bagaimana cara lulus tes tekanan darah, Anda hanya perlu bersantai. Tidur yang cukup akan bermanfaat bagi Anda. Hormon stres dapat diatur lebih baik saat Anda sedang tidur. Ini akan membantu sistem saraf Anda tetap sehat dan juga mengurangi tekanan darah Anda.

2. Minum banyak air

Saat Anda pernah bertanya-tanya 'berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan fisik?' ,

Anda harus tahu bahwa ini akan memakan waktu jauh lebih singkat jika Anda minum banyak air. Terhidrasi dengan baik akan memudahkan dokter mengambil darah Anda dan membuat sampel urin yang dibutuhkan.

3. Hindari olahraga

Ini adalah satu hal yang harus Anda lakukan sebagai persiapan untuk sukses dalam pemeriksaan kesehatan Anda. Jangan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat apa pun pada malam dan pagi hari sebelum penilaian Anda.

Detak jantung dan tekanan darah Anda mungkin meningkat karena aktivitas fisik.

4. Hindari makanan asin dan berlemak

Garam dan lemak akan mempengaruhi kolesterol dan tekanan darah Anda. Hindari makanan tersebut dalam tiga hari sebelum evaluasi Anda.

Sebaiknya, yang mampu melakukannya selama seminggu maupuan sudah dilakukan minimal 24 jam.

5. Puasa

Sangat dianjurkan untuk berpuasa selama dua belas jam sebelum pemeriksaan fisik. Hal ini untuk mencegah gula darah dan tekanan darah Anda meningkat.

Tentu ini berkaitan dengan beberapa tes kesehatan terkait gula darah yang normal maupun tidak normal.

6. Jangan minum kopi atau merokok

Anda harus berhenti minum kopi dan rokok di pagi hari untuk menjaga tekanan darah tetap rendah. Apabila mengambil polis asuransi, ini mungkin memberi harga yang lebih rendah. Anda juga harus menjauhi mariyuana setidaknya sebulan sebelum ujian.

Hal ini karena beberapa perusahaan asuransi mungkin memberi harga yang sama dengan tembakau. Dianjurkan juga untuk menghindari alkohol karena dapat membuat tubuh dehidrasi dan menyulitkan pengambilan darah.

7. Jadwalkan janji temu Anda di pagi hari

Jadwalkan di pagi hari akan mempermudah mengikuti tips sebelumnya. Hal ini memungkinkan untuk berpuasa semalaman saat tidur dan itu berarti tidak perlu berlama-lama tanpa kopi atau rokok sepanjang hari.

Anda juga akan lebih rileks setelah bangun tidur yang akan bermanfaat saat melakukan aktivitas fisik.

8. Siapkan daftar pemeriksaan

Daftar periksa pemeriksaan fisik penting saat mengunjungi dokter. Daftar ini bertujuan agar penunjukan tersebut memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Ada hal-hal yang harus Anda ketahui atau bawa untuk kunjungan.

Ini termasuk riwayat kesehatan Anda, informasi tentang obat-obatan yang mungkin Anda pakai, dan pertanyaan atau kekhawatiran yang mungkin perlu ditangani oleh dokter.

Tes kesehatan umum dapat disesuaikan berdasarkan usia, jenis kelamin, riwayat medis, dan faktor risiko individu. Penting untuk melakukan tes kesehatan secara teratur untuk memantau kondisi kesehatan dan mendeteksi dini adanya penyakit atau risiko kesehatan. 

Itulah serangkaian persiapan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dari tes kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×