Ini 7 tanda Anda mungkin terinfeksi virus corona tanpa disadari

Kamis, 24 Juni 2021 | 08:31 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Ini 7 tanda Anda mungkin terinfeksi virus corona tanpa disadari

ILUSTRASI. Bisa saja seseorang mungkin terjangkit virus dan pulih tanpa mengetahuinya. Kenali tanda-tandanya. KONTAN/Carolus Agus Waluyo/27/05/2021.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus Covid-19 mungkin sudah ada di dunia ini lebih lama dari yang kita duga. Jadi, bisa saja seseorang mungkin terjangkit virus dan pulih tanpa mengetahuinya. 

Melansir WebMD, berikut beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa Anda salah satu dari orang-orang tersebut:

1. Flu berat

Bukan hal yang aneh jika mengalami masuk angin selama musim dingin. Tetapi jika Anda mengalaminya pada akhir 2019 atau awal 2020, ada kemungkinan flu Anda sebenarnya adalah Covid-19. 

Salah satu cara untuk mengetahui perbedaannya adalah bahwa Covid-19 dapat bertahan sekitar 2 minggu atau lebih. Sedangkan pilek biasanya hanya berlangsung beberapa hari. Dan tidak seperti pilek, Covid-19 dapat menyebabkan demam dan membuat Anda sulit bernapas.

Baca Juga: Lakukan hal ini saat anak Anda terinfeksi Virus Corona

2. Sesak napas

Ini biasanya bukan gejala pilek atau flu, tetapi perasaan seperti Anda tidak bisa bernapas adalah hal yang biasa terjadi jika Anda terjangkit Covid-19. 

Anda mungkin mengira Anda menderita bronkitis, yang dapat disebabkan oleh Covid-19. Atau mungkin terasa seperti kecemasan atau serangan panik. 
Akan tetapi, jika terjangkit Covid-19, sesak napas berlangsung lebih lama daripada serangan panik. Itu juga datang dengan gejala seperti flu.

Baca Juga: Mencegah Virus Corona bisa pakai 4 bahan alami ini, lo

3. Batuk terus menerus

Jika Anda mengalami batuk kering yang lama sembuhnya, bisa jadi itu adalah gejala Covid-19. Batuk tersebut akan berbeda dari batuk yang disebabkan oleh pilek. Batuk ini akan dimulai dengan ringan, tetapi kemudian memburuk selama 5 hingga 7 hari berikutnya.

4. Mata merah dan berair

Selama pandemi, kita telah diberitahu untuk sering mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah. Salah satu alasannya adalah bahwa Covid-19 dapat memengaruhi mata Anda. 

Jika Anda mengalami konjungtivitis (mata merah), mata berair, atau penglihatan kabur, itu mungkin disebabkan oleh virus.

Baca Juga: Penjelasan rinci soal vaksin Covid-19 dan herd immunity

5. Jantung palpitasi atau nyeri dada

Covid-19 dapat memengaruhi jantung Anda juga. Ini dapat menyebabkannya berdetak cepat atau bergetar, atau berdebar kencang. 

Anda mungkin pernah mengalami sesak di dada. Semua hal ini dapat terjadi bahkan setelah virus bersih dari tubuh Anda. Episode seperti ini dapat terlihat hingga 2 minggu pada kasus ringan atau selama 6 minggu pada kasus yang lebih serius.

6. Kelelahan ekstrim

Merasa sangat lelah adalah gejala umum dari Covid-19. Jadi, jika Anda mengalami kelelahan ekstrem yang tidak membaik dengan banyak tidur, itu bisa jadi pertanda virus. Perasaan itu bisa kembali lagi beberapa hari dan terkadang berminggu-minggu kemudian.

7. Kehilangan penciuman atau rasa

Jika makanan dan minuman terasa berbeda dari biasanya (atau tidak memiliki rasa), atau Anda tidak dapat mencium bau selama beberapa minggu, Anda mungkin telah terinfeksi virus. Hampir 80% orang yang dites positif memiliki masalah ini, dan biasanya merupakan tanda kasus ringan.

Untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang terjangkit virus Covid-19 atau tidak, lakukan tes antibodi.

Baca Juga: Ini Tips WHO Menghadapi Mutasi Varian Delta Covid-19

Antibodi adalah protein yang dibuat tubuh Anda untuk membantu melawan infeksi. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda menderita Covid-19 adalah dengan melakukan tes darah untuk melihat apakah Anda memiliki antibodi yang melawan virus tersebut. 

Jika Anda memilikinya, para ilmuwan tidak yakin seberapa baik mereka akan melindungi Anda dari mendapatkannya lagi. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki antibodi tersebut cenderung tidak terkena Covid-19 lagi.

 

Selanjutnya: Virus corona makin menyebar, semua gejala flu harus diwaspadai sebagai Covid-19

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru