kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,91   8,27   0.89%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Cocok bagi Anak Muda


Senin, 17 Juli 2023 / 09:47 WIB
Ini 7 Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Cocok bagi Anak Muda
ILUSTRASI. Ini 7 Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Cocok bagi Anak Muda. KONTAN/Muradi


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak pilihan olahraga untuk meninggikan badan dengan tepat. Kondisi tubuh yang dalam masa pertumbuhan tentu dapat menjadi kesempatan untuk menambah tinggi badan.

Olahraga untuk meninggikan badan menjadi serangkaian aktivitas fisik yang dirancang untuk membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan tinggi badan seseorang.

Meskipun faktor genetik dan usia memiliki peran utama dalam menentukan tinggi badan seseorang, beberapa olahraga dapat membantu mengoptimalkan potensi pertumbuhan.

Beberapa olahraga berikut ini dapat dilakukan oleh remaja yang ingin mendapatkan tubuh dengan postur tinggi.

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman dengan Kadar Gula Tinggi, Pantangan bagi Penderita Diabetes

Anak-anak beraktivitas

Selain olahraga, nutrisi penting dalam makanan juga menjadi pendukung agar hal ini dapat optimal dilakukan.

Makanan untuk menambah tinggi badan harus sarat dengan nilai gizi. Makan makanan tinggi protein.

Anda bisa menambahkan sayuran berdaun hijau ekstra yang menyediakan vitamin penting seperti Vitamin D untuk tubuh.

Simak beberapa rekomendasi olahraga untuk meninggikan badan dengan baik dilansir dari Femina.

Baca Juga: 8 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

1. Olahraga peregangan

Peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan postur tubuh, yang pada gilirannya dapat membuat seseorang tampak lebih tinggi.

Beberapa latihan peregangan yang bermanfaat meliputi yoga, pilates, dan latihan peregangan yang fokus pada tulang belakang, tungkai, dan otot punggung.

2. Angkat Pinggul

Pergeseran panggul membantu memperkuat sel-sel tubuh punggung. Mulailah dengan berbaring dalam posisi lurus. Selanjutnya, tekuk lutut, tekan kaki dan angkat pinggul dengan lembut. Jaga punggung lurus lalu tarik napas perlahan dan kembalikan punggung bawah ke pangkalan.

Tahan posisi ini selama 20 detik lalu ulangi lagi dan lagi. Pergeseran panggul membantu mendapatkan bokong bulat sekaligus menambah tinggi badan. Ini juga membantu menjauhi efek negatif dari duduk. Layak menambahkan peregangan ini ke daftar latihan.

3. Berenang

Renang adalah olahraga yang melibatkan gerakan seluruh tubuh, termasuk peregangan tulang belakang. Latihan ini juga membantu memperkuat otot-otot inti dan meningkatkan postur tubuh, yang dapat memberikan kesan visual tinggi.

4. Basket dan voli

Olahraga bola basket dan voli melibatkan gerakan melompat yang intens, yang dapat merangsang pertumbuhan tulang dan meningkatkan tinggi badan. Latihan melompat seperti melompat tali juga bisa membantu.

5. Latihan berat

Latihan beban atau kekuatan seperti angkat beban dan latihan dengan menggunakan berat badan dapat merangsang pertumbuhan tulang dan otot. Latihan ini membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dan merangsang pertumbuhan tulang, yang dapat berkontribusi pada peningkatan tinggi badan.

6. Pilates dan postur tubuh

Opsi lain untuk menambah tinggi badan adalah olahraga pilates atau latihan yang fokus pada postur tubuh. Olahraga ini menekankan kekuatan inti yang membantu memperbaiki postur tubuh dan mengoptimalkan tinggi badan.

Dengan mempertahankan postur tubuh yang baik dapat membuat tampak lebih tinggi. Mulailah dengan meletakkan tangan di samping tubuh, telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian ambil kaki Anda dan regangkan ke atas lalu ke belakang hingga mencapai lantai. 

7. Bar hanging

Olahraga bar hanging dianggap sebagai salah satu latihan penambah tinggi badan yang paling efektif karena meregangkan tubuh bagian bawah dan mengurangi tarikan pada vertebrata.

Anda hanya membutuhkan palang kokoh dan kuat yang terpasang tujuh kaki di atas tanah. 

Penting untuk diingat bahwa tinggi badan dipengaruhi oleh faktor genetik dan usia, sehingga tidak semua orang akan merasakan peningkatan tinggi badan yang signifikan melalui olahraga.

Demikian informasi terkait olahraga untuk menambah tinggi badan yang dapat dicoba oleh anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×