kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,72   4,08   0.44%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Olahraga untuk Mengecilkan Lemak Paha yang Mudah Dilakukan


Selasa, 17 Oktober 2023 / 12:54 WIB
Ini 7 Olahraga untuk Mengecilkan Lemak Paha yang Mudah Dilakukan
ILUSTRASI. Ini 7 Olaharga untuk Mengecilkan Lemak Paha yang Mudah Dilakukan


Penulis: Bimo Kresnomurti

Olahraga untuk Mengecilkan Lemak Paha - JAKARTA. Kenali olahraga untuk mengecilkan lemak paha dengan mudah. Konsistensi tentu dibutuhkan dalam mendapatkan tubuh yang ideal.

Aktivitas mengecilkan paha melalui olahraga membutuhkan kombinasi latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan peregangan. Kombinasi ini dapat membantu membakar lemak, membangun otot, dan meningkatkan fleksibilitas di area paha.

Namun, penting diingat bahwa tidak ada cara untuk "menghilangkan lemak secara lokal" di satu area tubuh saja.

Untuk mengurangi lemak paha atau mempertahankan berat badan yang sehat, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil.

  • Pola Makan Seimbang: Konsumsi makanan sehat yang rendah lemak, tinggi serat, serta kaya akan buah, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.
  • Pengelolaan Berat Badan: Pertahankan berat badan yang sehat dengan mengontrol asupan kalori dan menjalani gaya hidup aktif.
  • Penghindaran Makanan Tinggi Lemak: Batasi konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan makanan olahan.
  • Pengaturan Pola Makan: Makan dalam porsi yang sesuai dan menghindari makan berlebihan adalah kunci untuk mengontrol berat badan dan mengelola lemak paha.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat untuk Mencegah Obesitas Sejak Dini, Ada Yogurt hingga Sayuran Hijau

Selain beberapa langkah di atas, Anda bisa mencoba beberapa olahraga di bawah ini secara rutin. Pastikan Anda melakukan pemansan yang cukup untuk menghindari adanya cedera.

Simak daftar olahraga untuk mengecilkan lemak paha dengan mudah dilansir dari laman Healthshots.

Olahraga untuk mengecilkan lemak paha

Lemak paha

1. Lari atau Berlari Cepat

Olahraga lari menjadi olahraga kardiovaskular yang efektif untuk membakar kalori dan lemak di seluruh tubuh, termasuk paha. Anda bisa melakukan sprint atau lari cepat yang membantu mengaktifkan otot-otot paha dan membakar lemak.

Apabila Anda baru pertama kali melakukan olahraga ini, pastikan untuk melakukan pemanasan secara optimal.

2. Bersepeda

Bersepeda, baik di alam terbuka atau di gym, adalah latihan kardiovaskular yang baik untuk melibatkan otot-otot paha dan meningkatkan pembakaran lemak.

Anda bisa menggunakan sepeda statis atau sepeda gunung untuk variasi olahraga di rumah maupun di jalan.

3. Berjalan Cepat

Berjalan cepat adalah olahraga rendah dampak yang dapat membantu membakar kalori dan membentuk otot-otot paha. Tingkatkan intensitas dan jarak berjalan seiring waktu.

Dengan berjalan 10.000 langkah per hari bisa membakar lemak hingga 500 kalori. Anda bisa melakukannya secara rutin di pagi maupun sore hari.

4. Latihan Paha dan Otot Kaki

Anda bisa memilih latihan ini karena melibatkan otot paha dan bokong. Lakukan squat dengan benar untuk memaksimalkan manfaatnya. Olahraga Lunges membantu memperkuat dan membentuk otot paha dan bokong.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan latihan di arena gym dengan melibatkan otot paha dan otot kaki lainnya.

5. Latihan dengan Alat Bantu

Gunakan alat seperti band elastis atau bola kecil untuk melatih otot paha dan meningkatkan kekuatan. Dengan melakukan latihan dengan resistensi dapat membentuk dan menguatkan otot paha.

6. Yoga dan Peregangan

Yoga dan peregangan membantu meningkatkan fleksibilitas dan membentuk otot di area paha. Asanas seperti butterfly pose, pigeon pose, dan hamstring stretch dapat membantu.

7. Latihan Kardiovaskular Lainnya

Cardio seperti skipping, jumping jacks, atau Zumba juga efektif untuk membakar lemak di seluruh tubuh, termasuk paha.

Demikian informasi terkait olahraga yang berguna untuk mengecilkan lemak paha saat dilakuakn rutin dan konsisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×