kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Manfaat Minum Kopi Hitam secara Rutin untuk Kesehatan Hati hingga Otak


Jumat, 27 Oktober 2023 / 17:32 WIB
Ini 7 Manfaat Minum Kopi Hitam secara Rutin untuk Kesehatan Hati hingga Otak
ILUSTRASI. Ini 7 Manfaat Minum Kopi Hitam secara Rutin untuk Kesehatan Hati hingga Otak. dok/Super Coffee


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Minum Kopi Hitam  - JAKARTA. Catat sederet manfaat minum kopi hitam secara rutin. Konsumsi kopi kini mudah diakses oleh semua kalangan dengan berbagai varian.

Kopi merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai seduhan minuman.

Secangkir kopi hitam tanpa gula mengandung beberapa nutrisi dan senyawa yang dapat bervariasi.

Tentunya, ini bergantung pada berapa banyak kopi yang digunakan, metode pemrosesan, dan jenis biji kopi yang digunakan.

Baca Juga: 9 Kebiasan yang Bisa Meredakan Serangan Hipertensi

Nutrisi dari kopi hitam apa saja?

Jenis Olahan Black Coffee

Namun, secara umum, kandungan nutrisi dalam secangkir kopi hitam tanpa gula adalah sebagai berikut:

  • Kafein: Kandungan kafein dalam secangkir kopi hitam akan bervariasi tergantung pada seberapa kuat kopi tersebut. Secangkir kopi hitam biasa (sekitar 240 ml) dapat mengandung sekitar 95-165 mg kafein. Kafein adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan dan energi.
  • Kalori: Secangkir kopi hitam tanpa gula biasanya memiliki sedikit atau bahkan tanpa kalori. Hal ini karena kopi hitam tidak mengandung gula tambahan atau susu.
  • Antioksidan: Kopi mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti asam klorogenat dan kafeol. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan berkontribusi pada kesehatan umum.
  • Vitamin dan Mineral: Meskipun dalam jumlah kecil, kopi mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), dan magnesium. Namun, kontribusi kopi terhadap asupan harian rekomendasi vitamin dan mineral ini adalah relatif rendah.

Manfaat minum kopi hitam secara rutin

Takaran konsumsi kopi hitam dalam sehari tidak ada batasan, dengan didukung asupan makanan agar kafein tidak melemahkan kinerja pencernaan.

Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan konsumsi kopi hitam secara rutin yang memberikan efek terhadap kesehatan.

Cek manfaat minum kopi hitam secara rutin untuk kesehatan hati hingga otak dilansir dari laman Coffee Science.

Baca Juga: Gejala Penyakit Maag Kambuh dan Makanan yang Bisa Menurunkan Asam Lambung Naik

1. Memperbaiki memori

Dalam sebuah penelitian, beberapa orang menerima dosis masing-masing 150 miligram kafein, yang setara dengan secangkir kopi. Peneliti memperhatikan adanya lonjakan signifikan dalam aktivitas otak.

Para peneliti juga mencatat bahwa waktu reaksi dan kemampuan memori individu yang mengonsumsi kafein meningkat secara dramatis dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menerima plasebo biasa.

2. Pencegahan Kanker

Menurut spesialis kanker, pria yang minum kopi hitam secara rutin memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat mematikan dibandingkan peneliti yang mengonsumsi minuman lain.

Pada saat yang sama, berbagai peneliti menyarankan bahwa meminum 4 cangkir kopi atau lebih setiap hari menurunkan risiko kanker endometrium pada wanita.

Secara statistik, wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi atau lebih secara teratur setiap hari memiliki peluang 25% lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir setiap hari.

Pada spektrum yang sama, para peneliti menemukan hubungan antara seringnya minum kopi hitam secara rutin dan rendahnya tingkat kanker payudara, usus besar, dubur, dan hati.

3. Sumber Antioksidan

Studi menunjukkan bahwa kopi memiliki lebih banyak aktivitas antioksidan dibandingkan dengan dua superstar antioksidan tersebut; coklat, dan teh.

Faktanya, berbagai analisis laboratorium terperinci yang dilakukan selama bertahun-tahun telah mengidentifikasi lebih dari 1.000 antioksidan dalam biji kopi yang belum diproses.

Selain itu, sumber lain turut ungkap adanya ratusan antioksidan lainnya muncul saat proses memanggang biji kopi.

3. Pencegahan penurunan Kognitif

Kopi memberikan peningkatan sementara pada memori dan aktivitas otak. Namun yang sebagian besar dari kita tidak tahu adalah bahwa seringnya minum kopi hitam secara rutin yang dapat mencegah penurunan kognitif terkait kelainan mental seperti penyakit Alzheimer.

Dalam sebuah penelitian ekstensif, para ahli menemukan bahwa konsumsi kopi hitam secara rutin sekitar 3-5 cangkir memiliki beberapa manfaat unik yang tidak dapat ditiru di tempat lain.

Peneliti mengaitkannya dengan 65% penurunan risiko demensia dan Alzheimer di kemudian hari.

6. Mengurangi risiko diabetes

Sejumlah pakar kesehatan dan nutrisi dari seluruh dunia menganut gagasan bahwa ada hubungan antara minum kopi hitam secara rutin dan penurunan risiko diabetes.

Hal ini terutama karena baru-baru ini terbukti bahwa risiko menderita diabetes turun sebesar 7% untuk setiap cangkir kopi yang diminum.

7. Pencegahan kanker hati

Penelitian juga ungkap konsumsi atau minum kopi hitam secara rutin bisa menurunkan risiko kanker hati. Sekali lagi, konsumsi kopi yang teratur telah dikaitkan dengan rendahnya kejadian sirosis, terutama sirosis alkoholik.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan korelasi terbalik antara peningkatan minum kopi dan penurunan risiko sirosis pengurangan 20% untuk setiap cangkir yang dikonsumsi.

Itulah sederet informasi terkait khasiat dan manfaat konsumsi kopi hitam untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×