kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Makanan untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut dengan Cepat


Kamis, 19 Oktober 2023 / 08:50 WIB
Ini 7 Makanan untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut dengan Cepat
ILUSTRASI. Ini 7 Makanan untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut dengan Cepat. dok/Orissa Post


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat beberapa makanan untuk merangsang rambut tumbuh cepat. Konsumsi nutrisi penting dari vitamin dan mineral cukup berperan dalam pertumbuhan rambut.

Pertumbuhan rambut merupakan proses alami di mana rambut tumbuh dan memanjang dari folikel rambut di kulit kepala atau tubuh.  Rambut memiliki struktur protein yang tumbuh di seluruh tubuh manusia sebagai bagian dari siklus hidup normal.

Adapun, pertumbuhan rambut melalui beberapa tahapan dalam siklus hidupnya, dan faktor-faktor genetik, hormon, kesehatan, dan perawatan rambut dapat memengaruhi kecepatan dan kualitas pertumbuhan rambut.

Pertumbuhan rambut yang cepat dan sehat sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang baik.

Baca Juga: 6 Nutrisi Penting untuk Tubuh yang Wajib Dipenuhi Setiap Hari serta Manfaatnya

Rambut tumbuh cepat

Nutrisi untuk ambut apa saja?

Berikut adalah beberapa nutrisi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat:

  • Protein: Rambut terdiri dari protein keratin. Asupan protein yang cukup sangat penting untuk memelihara dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Zat Besi: Defisiensi zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut.
  • Vitamin A: Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan sel rambut..
  • Vitamin C: Vitamin ini membantu penyerapan zat besi, yang penting untuk pertumbuhan rambut.
  • Vitamin E: Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel rambut dari kerusakan.
  • Vitamin D: Vitamin D memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut dan regenerasi folikel rambut. Terpapar sinar matahari secara moderat adalah cara alami untuk mendapatkan vitamin D. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum mengambil suplemen vitamin D.
  • Biotin (Vitamin H): Biotin adalah vitamin yang dikenal untuk kesehatan rambut dan kuku.
  • Baja Seng: Seng mendukung pertumbuhan sel rambut dan memperkuat folikel rambut.

Baca Juga: 8 Makanan Kaya Zinc Ini Bikin Rambut Tumbuh Panjang, Kuat, dan Berkilau

Makanan untuk pertumbuhan rambut

Penting untuk diingat bahwa pertumbuhan rambut adalah proses yang lambat dan memerlukan waktu. Selain nutrisi, faktor-faktor seperti perawatan rambut yang tepat, hindari kerusakan mekanis, dan mengelola stres juga berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut.

Untuk itu, beberapa makanan di bawah ini cukup berperan upaya mempercepat pertumbuhan rambut.

Simak daftar makanan untuk merangsang rambut tumbuh dengan cepat dilansir dari NDTV.

1. Telur

Rambut Anda terdiri dari protein, oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa tubuh memiliki cukup protein dalam makanan Anda. Protein adalah bahan penyusun rambut dan telur adalah salah satu sumber protein alami terkaya.

2. Buah Jeruk

Tubuh Anda membutuhkan Vitamin C untuk penyerapan zat besi. Anda perlu menambahkan buah jeruk ke dalam makanan Anda.

Ahli gizi merekomendasikan bahwa satu jeruk nipis per hari sudah cukup untuk mendapatkan dosis harian Vitamin C.

Vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen yang membuat kapiler yang terhubung ke batang rambut menjadi kuat, memastikan pasokan nutrisi teratur dan pertumbuhan rambut cepat.

3. Kacang-kacangan

Asam lemak omega-3 menutrisi rambut dan mendukung penebalan. Karena tubuh tidak dapat memproduksi lemak sehat ini, Anda perlu memperolehnya dari makanan seperti kacang almond dan kenari sangat tinggi asam lemak Omega-3.

Demikian pula, biji rami dapat berfungsi sebagai camilan sehat di tengah makan sekaligus memasok lemak esensial ke rambut.

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh kaya akan biotin bersama dengan zat besi, seng, dan vitamin B. Biotin diperlukan untuk proliferasi sel dan berperan penting dalam memproduksi asam amino (protein) yang dibutuhkan rambut Anda untuk tumbuh.

5. Bayam dan Sayuran Berdaun Gelap

Zat Besi Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan sel-sel rambut. Faktanya, kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan rambut rontok.

Ketika tubuh Anda kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi tidak diangkut ke akar dan folikel rambut secara memadai sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan membuat helai rambut melemah.

6. Wortel

Anda bisa meracik jus wortel beberapa kali dalam sepekan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Rambut mengandung jaringan yang tumbuh paling cepat di tubuh dan vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan setiap sel.

Ini juga membantu kulit kepala dalam memproduksi minyak sebum alami yang menjaga kesehatan dan akar rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

7. Alpukat

Vitamin E meningkatkan sirkulasi darah dan membantu folikel bekerja lebih efisien untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini juga menjaga keseimbangan tingkat minyak dan PH yang jika melebihi dapat menyumbat folikel rambut dan menghentikan pertumbuhan rambut.

Alpukat adalah sumber vitamin E yang baik dan juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Anda bisa menambahkannya ke salad sarapan atau mencampurkannya ke dalam smoothie hijau.

Faktor-faktor seperti nutrisi yang cukup, kesehatan tubuh dan kulit kepala, kebiasaan perawatan rambut yang baik, dan faktor genetik dapat mempengaruhi laju pertumbuhan rambut. 

Demikian informasi terkait menu makanan yang membantu pertumbuhan rambut dengan cepat yang perlu Anda coba konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×