kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Ikan Kaya Asam Lemak untuk Menurunkan Trigliserida dalam Tubuh


Senin, 13 Mei 2024 / 10:51 WIB
Ini 7 Ikan Kaya Asam Lemak untuk Menurunkan Trigliserida dalam Tubuh
ILUSTRASI. Ikan Kaya Asam Lemak untuk Menurunkan Trigliserida dalam Tubuh. dok/fit foodie finds


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar ikan untuk menurunkan kadar Trigliserida tinggi dalam tubuh. Beberapa jenis ikan ini diklaim dapat memberikan efek positif bila kadar Trigliserida dalam tubuh Anda tinggi.

Trigliserida merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Mereka terbentuk dari makanan yang kita konsumsi, terutama dari lemak dan karbohidrat.

Sebenarnya, Trigliserida merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh saat kadar tersebut normal.

Sementara, saat kadar trigliserida terlalu tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta masalah kesehatan lainnya seperti penyakit hati.

Baca Juga: 5 Ikan yang Direkomendasikan untuk Penderita GERD

Kadar trigliserida yang tinggi dalam darah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pola makan yang tidak sehat, kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik.

Kandungan ikan untuk lawan Trigliserida tinggi

Nasi Sarden Rice Cooker

Asam lemak omega-3 telah terbukti menurunkan kadar trigliserida, yang merupakan jenis lemak dalam aliran darah.

Para ahli belum yakin dengan mekanisme yang tepat. Asam lemak omega-3 juga dapat memperlambat pertumbuhan plak di arteri dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Sejumlah studi yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun telah menunjukkan manfaat ikan berlemak.

Dalam tinjauan penting terhadap studi-studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 harian dari minyak ikan dapat menurunkan kadar trigliserida sebesar 25%-30% menurut Jurnal Nutrisi Klinis Amerika.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi Patut Dihindari, Apa Saja?

Untuk itu, Anda dapat konsumsi beberapa sumber asam lemak untuk menurunkan Trigliserida, dirangkum dari laman Web MD.

1. Ikan Salmon

Salmon adalah ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, protein berkualitas tinggi, dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin D. Konsumsi salmon secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kronis, dan mendukung fungsi otak yang sehat.

2. Ikan Tuna

Tuna adalah sumber protein yang sangat baik dan juga mengandung asam lemak omega-3. Ini juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin D, selenium, dan vitamin B12. Tuna dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan memperbaiki fungsi otak.

3. Ikan Trout

Trout adalah ikan air tawar yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B, selenium, dan fosfor.

Konsumsi trout dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mendukung fungsi otak yang sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Ikan Herring

Meski jarang ditemui, ikan herring merupakan salah sumber asam lemak omega-3 yang baik, protein, dan vitamin D. Ini juga mengandung fosfor dan selenium.

Konsumsi herring secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan mendukung fungsi otak yang baik.

Orang Indonesia di Sulawesi dan Maluku bisa mendapatkan ikan ini untuk dimasak dengan cara tradisional.

5. Ikan Sarden

Ikan Sarden merupakan ikan kecil yang juga kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan kalsium. Sarden juga mengandung vitamin D dan vitamin B12. Konsumsi sardine dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan memperbaiki fungsi otak.

6. Ikan kembung

Ikan kembung atau mackerel adalah ikan yang sangat kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan vitamin D. Ini juga mengandung banyak nutrisi lain seperti selenium dan vitamin B12.

Konsumsi mackerel secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ingatlah, ikan berlemak masih mengandung lemak. Meskipun asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat, namun mereka juga tinggi kalori. Anda akan mengalami penambahan berat badan jika mengonsumsi ikan-ikan ini secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×