kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Daftar Buah yang Cocok untuk Sarapan Pagi, Ada Apel hingga Kiwi


Jumat, 15 September 2023 / 09:47 WIB
Ini 7 Daftar Buah yang Cocok untuk Sarapan Pagi, Ada Apel hingga Kiwi
ILUSTRASI. Ini 7 Daftar Buah yang Cocok untuk Sarapan Pagi, Ada Apel hingga Kiwi


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak sederet buah yang cocok untuk sarapan pagi beserta informasi nutrisinya. Pada pagi hari tubuh memerlukan aspuan makanan yang berguna sebagai energi untuk berkegiatan.

Sarapan merupakan salah satu langkah tubuh mendapatkan makanan setelah bangun tidur, untuk mengisi kembali energi setelah tidur malam dan memulai hari dengan baik.

Kegiatan sarapan yang seimbang dan sehat dapat memberikan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh Anda, termasuk energi, vitamin, mineral, dan serat.

Menu sarapan yang cocok dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan nutrisi Anda.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Bantu Pemulihan Ibu Pasca Melahirkan Jadi Lebih Cepat, Apa Saja?

Sarapan

Selain itu, Anda bisa memilih buah yang cocok untuk sarapan dapat memberikan nutrisi yang baik untuk memulai hari dengan energi yang cukup.

Beberapa buah yang cocok untuk sarapan berikut ini bisa Anda persiapkan dalam piring sarapan Anda.

Anda bisa memilih Pisang, Jeruk, hingga Apel yang mudah dijangkau di pasar maupun minimarket.

Tak hanya itu saja, ada daftar buah yang cocok untuk sarapan dengan beberapa opsi memiliki rendah glukosa dilansir dari Byrdie.

Baca Juga: 7 Obat Diabetes Herbal Ampuh untuk Turunkan Gula Darah dan Cara Membuatnya di Rumah

Buah yang cocok untuk sarapan

1. Jeruk

Buah jeruk termasuk jeruk, lemon, dan jeruk nipis merupakan sumber vitamin C, serat, potasium, dan fitonutrien yang baik, memiliki sifat anti-inflamasi dan detoksifikasi, serta dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Buah ini khususnya mengandung flavonoid tingkat tinggi, naringenin, yang dianggap meningkatkan lingkungan mikrobioma yang lebih mendukung penurunan berat badan.

2. Apel

Sattu apel sehari membuat tubuh semakin sehat apabila dikonsumsi secara rutin. Ini mungkin benar saat Anda melihat semua manfaat nutrisi dari sebuah apel.

Buah ini dikemas dengan serat, vitamin C, dan antioksidan, apel adalah sumber flavanoid yang disebut quercetin, yang memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Keistimewaan lain dari apel adalah mudah dibawa bepergian, menjadikannya pilihan ideal bagi seseorang yang sering terburu-buru di pagi hari.

3. Raspberry

Buah kecil, namun penuh rasa, raspberry adalah tambahan yang mudah untuk berbagai jenis sarapan. Anda bisa menambahkan pada smoothie, oatmeal, yogurt, atau bahkan roti panggang dengan selai kacang.

Satu porsi raspberry mengandung sekitar delapan gram serat dan 64 kalori sehingga buah ini cocok untuk sarapan.

4. Delima

Sebagai buah yang banyak diabaikan orang, biji delima kaya akan manfaat nutrisi. Biji rubi seperti permata ini kaya akan sumber antioksidan polifenol yang disebut antosianin yang dapat membantu melindungi sel yang bereplikasi terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Penelitian juga ungkap bahwa konsumsi buah delima dapat menjadi cara untuk mencegah kanker prostat, usus besar, paru-paru, dan payudara.

Selain antioksidan, buah delima merupakan sumber padat vitamin C, vitamin K, potasium, serat, dan folat. Untuk sarapan lezat dan bergizi, tambahkan setengah cangkir biji delima ke dalam semangkuk yogurt atau oatmeal.

5. Blueberry

Dengan hampir empat gram serat dalam satu porsi cangkir, blueberry adalah buah yang baik untuk dimakan di pagi hari. Blueberry memiliki lebih banyak manfaat daripada serat—mereka juga mengandung vitamin C.

Tentu, memilih buah untuk sarapan dengan Blueberry yang mengenyangkan, isi oatmeal dengan secangkir blueberry.

6. Kiwi

Kiwi mungkin tidak sepopuler apel dan beri, tapi ini adalah buah yang enak untuk dimakan saat sarapan, atau kapan saja sepanjang hari. Tidak tertarik dengan ide mengupas dan mengiris kiwi? Cukup potong menjadi dua dan ambil buahnya dengan sendok.

Nah, untuk manfaat kesehatannya, buah kiwi kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Pisang

Dibungkus dalam kemasan alaminya, pisang adalah salah satu buah yang paling mudah untuk dimasukkan ke dalam tas Anda dan dibawa bepergian di pagi hari.

Pisang juga mengandung serat, vitamin B, dan mineral seperti potasium, mangan, dan magnesium.

Ingatlah untuk mencoba berbagai buah-buahan untuk menjaga variasi dalam pola makan Anda dan mendapatkan manfaat berbagai nutrisi.

Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikan buah-buahan ini dengan sumber protein seperti yogurt, telur, atau kacang-kacangan untuk membuat sarapan yang lebih kaya nutrisi.

Demikian informasi terkait daftar buah yang cocok untuk sarapan sekaligus bernutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×