kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,40   -6,54   -0.66%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, Ada 10 Buah yang Meredakan Radang Tenggorokan hingga Flu


Kamis, 14 September 2023 / 10:22 WIB
Catat, Ada 10 Buah yang Meredakan Radang Tenggorokan hingga Flu
ILUSTRASI. Catat, Ada 10 Buah yang Meredakan Radang Tenggorokan hingga Flu


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar buah untuk meredakan radang tenggorokan hingga flu yang mudah dikonsumsi. Ada rekomendasi buah yang kaya antioksidan dan anti inflamasi. 

Radang tenggorokan bisa menjadi gejala awal flu berat maupun batuk, sehingga Anda wajib mengurangi berbagai pemicunya.

Saat Anda mengalami radang tenggorokan dan flu, ada beberapa zat yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan hati-hati.

Tindakan seperti konsumsi makanan sembarangan bisa saja memperburuk gejala atau mengganggu proses penyembuhan.

Baca Juga: 7 Makanan Pantangan Trigliserida Tinggi, Wajib Hindari Biar Trigliserida Tetap Normal

Buah untuk radang tenggorokan

Makanan yang perlu dihindari saat radang tenggorokan

Berikut adalah beberapa zat yang perlu dihindari atau diatur konsumsinya:

  • Merokok dan Paparan Asap Rokok: Hindari merokok dan berada di sekitar asap rokok. Merokok dapat merusak tenggorokan dan paru-paru, serta memperparah gejala radang tenggorokan dan flu.
  • Minuman Beralkohol: Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya hindari konsumsi alkohol selama penyakit ini, karena dapat memperpanjang waktu pemulihan.
  • Makanan Pedas: Makanan pedas seperti cabai dan saus pedas dapat mengiritasi tenggorokan yang sudah radang, sehingga sebaiknya dihindari.
  • Makanan Asam dan Berminyak: Makanan yang terlalu asam atau berminyak, seperti makanan cepat saji berlemak tinggi, dapat memperburuk iritasi tenggorokan.
  • Minuman Berkafein: Minuman seperti kopi, teh hitam, dan minuman berkafein lainnya dapat mengakibatkan dehidrasi. Selama flu dan radang tenggorokan, sebaiknya batasi konsumsi minuman berkafein atau kompensasi dengan minum lebih banyak air putih.
  • Gula dan Makanan Manis: Konsumsi gula berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hindari makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan.
  • Larutan Garam yang Tidak Tepat: Meskipun berkumur dengan larutan garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, jangan menggunakan larutan garam yang terlalu kuat, karena bisa mengiritasi lebih banyak.

Setelah memilah makanan yang wajib dihindari saat sakit tenggorokan dan flu, Anda bisa memilih daftar buah yang menyehatkan.

Inilah rekomendasi buah untuk meredakan radang tenggorokan dilansir dari Flebo.

Baca Juga: 9 Makanan dan Minuman yang Bikin Asam Lambung Ogah Kumat

Daftar Buah untuk Radang Tenggorokan

1. Lemon

Kulit lemon

Buah kaya vitamin C yang paling banyak tersedia adalah lemon yang sudah tua dan sederhana. Lemon mengandung Vitamin C yang melindungi tubuh dari infeksi flu. Oleh karena itu lemon penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sejumlah penyakit umum.

Lemon juga membantu tubuh dalam memperbaiki DNA dan memproduksi serotonin dalam jumlah yang cukup. Saaat terserang radang tenggorokan, disarankan agar subjek meminum air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat dan sedikit madu.

2. Nanas

Nanas

Buah musiman ini menjadi obat dalam melawan kondisi radang tenggorokan seseorang. Hal ini karena nanas mengandung enzim yang disebut 'bromelain'. Agen anti-inflamasi yang kuat ini dapat memecah lendir karena sifat mukolitiknya.

Karakteristik bromelain ini cukup membuat nanas menjadi makanan wajib saat radang tenggorokan maupuan flu.

3. Delima

Jus delima mengandung sejumlah besar antioksidan 'flavonoid'. Flavonoid sangat berguna dalam menghentikan pertumbuhan virus di dalam tubuh manusia yang terinfeksi.

Studi menunjukkan bahwa asupan jus delima setiap hari dapat menurunkan kemungkinan serangan radang tenggorokan yang berkepanjangan hingga hampir 40%.

Selain itu, jus delima juga kaya akan sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Tak heran jika buah ini menjadi salah satu buah yang dimakan saat flu atau pilek.

4. Pisang

Pisang Kepok

Pisang sangat berguna untuk mengatasi sebagian besar kasus flu. Saat tubuh mengalami radang tenggorokan, serta kecenderungan muntah dan mual, mengonsumsi pisang secara signifikan dapat mengurangi kemungkinan memburuknya gejala.

Pisang berada di bawah istilah umum 'BRAT', kependekan dari pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Akronim ini menunjukkan jenis pola makan ideal bagi penderita radang tenggorokan. Pisang memasok nutrisi penting bagi tubuh yang sakit dan membantu pemulihan yang cepat.

5. Kiwi

Buah yang kurang populer ini adalah salah satu kejutan tersembunyi dalam daftar ini. Kiwi adalah sumber nutrisi yang sangat baik yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal infeksi radang tenggorokan.

Penelitian ungkap bahwa asupan rutin kiwi selama serangan radang tenggorokan secara drastis mengurangi kondisi sakit tenggorokan seseorang.

Kiwi mengandung mikronutrien tertentu, yang bila dikonsumsi akan meningkatkan pergerakan sel darah putih dalam aliran darah. Sesuai dengan ilmu pengetahuan, sel darah putih ini melindungi tubuh manusia dari benda asing seperti kuman.

6. Stroberi

Stroberi

Stroberi mengandung nutrisi seperti mangan, vitamin C, dan serat makanan. Kombinasi-kombinasi ini menjadikannya obat yang ampuh melawan radang tenggorokan dalam jangka waktu lama.

7. Semangka

Semangka mengandung antioksidan likopen, yang memberi warna merah pada semangka. Likopen membatasi penyakit pada manusia dan membantu mencegah peradangan pada sistem pernapasan selama infeksi.

9. Blueberry

Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan tertinggi dalam keluarga buah-buahan. Oleh karena itu, ini penting untuk menjaga kesehatan seseorang dalam jangka panjang.

10. Apel

Apel kaya akan flavonoid, antioksidan yang berpotensi menurunkan risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Manfaat kesehatan lainnya termasuk sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, yang akan melindungi Anda dari radang tenggorokan maupun flu.

Penderita sakit tenggorokan perlu menahan diri untuk tidak memakan buah-buahan yang disimpan di lemari es. Buah-buahan yang dingin ini dapat memperburuk kondisi pasien yang sudah parah.

Demikian informasi terkait rekomendasi buah untuk meredakan radang tenggorokan hingga flu dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×