kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,17   -6,38   -0.70%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Ramuan Deodoran dengan Bahan Alami Untuk Mengurangi Bau Badan


Senin, 06 November 2023 / 11:27 WIB
Ini 6 Ramuan Deodoran dengan Bahan Alami Untuk Mengurangi Bau Badan
ILUSTRASI. Kulit ketiak halus


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip ramuan deodoran dengan bahan alami untuk menghilangkan bau badan. Kondisi badan saat beraktivitas tentu muncul keringat terutama pada bagian ketiak.

Deodoran menjadi produk perawatan tubuh yang dirancang untuk membantu mengurangi bau badan dan menjaga ketiak tetap segar. Ini berfungsi dengan berbagai cara, terutama dengan mengurangi pertumbuhan dan aktivitas bakteri yang menghasilkan bau saat berkeringat.

Kegunaan deodoran sering digunakan setelah mandi atau saat Anda ingin merasa segar sepanjang hari.

Ada dua jenis utama deodoran yang tersedia:

  • Deodoran Biasa (Deodorant): Deodoran jenis ini mengandung bahan-bahan yang membantu menghilangkan atau mengurangi bau badan. Mereka bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri dan mengandung zat pewangi untuk memberikan aroma yang menyegarkan. Beberapa deodoran juga mengandung bahan kimia yang mengurangi produksi keringat.
  • Deodoran Antiperspiran: Deodoran antiperspiran tidak hanya mengurangi bau badan, tetapi juga membantu mengurangi produksi keringat. Ini biasanya mengandung senyawa aluminium yang bekerja dengan menutup kelenjar keringat. Dengan demikian, deodoran antiperspiran membantu Anda tetap kering dan segar.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Ketiak Gatal dengan Bahan Alami dan Penyebabnya

Ramuan deodoran dengan bahan alami

Baking soda atau soda kue

Pilihan alami untuk deodoran cenderung menghindari bahan kimia sintetis yang terdapat dalam banyak produk konvensional. 

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang dapat bereaksi berbeda terhadap bahan-bahan tertentu.

Selain itu, beberapa orang mungkin perlu mencoba beberapa jenis deodoran alami sebelum menemukan yang paling efektif.

Ikuti beberapa resep deodoran dengan bahan alami yang perlu Anda coba secara selektif dilansir dari laman Thompson Tee.

Baca Juga: Ini 6 Makanan Penyebab Bau Badan yang Wajib Anda Batasi

1. Jus lemon

Kegunaan jus lemon ke ketiak menjadi salah satu cara sederhana untuk tetap wangi. Jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat membunuh bakteri penyebab bau.

Nah, Anda perlu ingat bahwa lemon sangat asam, sehingga berhati-hatilah saat mengoleskan jus lemon ke ketiak setelah bercukur karena perih.

2. Cuka apel

Anda bisa memakai cuka sari apel merupakan alternatif alami pengganti deodoran. Secara alami memulihkan pH, anti-inflamasi, antijamur, dan antibakteri.

Anda bisa mulai mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan satu sendok makan air, lalu oleskan ke ketiak dengan kapas. Lakukan sehari sekali karena sifat cuka yang bisa mengeringkan kulit.

3. Campuran Baking soda

Soda kue dengan ahlinya menutupi hampir semua bau aneh termasuk bau badan. Alternatif deodoran murah ini bisa Anda buat di dapur Anda dengan beberapa bahan dasar.

Campurkan seperdelapan sendok teh soda kue dengan sedikit air, lalu gosokkan ke ketiak Anda. Jangan larutkan soda kue cukup tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta.

Anda juga bisa menambahkan sedikit tepung maizena untuk membantu mengatasi rasa basah. Campurkan enam bagian tepung maizena dengan satu bagian baking soda dan ratakan pada ketiak.

4. Minyak esensial

Apabila Anda khawatir akan bau seperti alkohol atau soda kue, minyak esensial dapat membantu. Minyak esensial tertentu seperti serai, lavendel, timi, dan rosemary memiliki sifat antibakteri.

Anda bisa mencampurkan beberapa minyak favorit Anda untuk menciptakan aroma sempurna, lalu oleskan pada lubang Anda dengan bola kapas.

5. Campuran minyak kelapa

Minyak kelapa bersifat antibakteri dan antivirus, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan bakteri penyebab bau.

Karena minyak kelapa memiliki suhu leleh yang rendah, minyak kelapa dapat dengan mudah menimbulkan noda berminyak pada pakaian. Anda bisa mencoba resep deodoran minyak kelapa yang tetap utuh sepanjang hari.

Bahan-bahan mulai dari 1/4 cangkir soda kue, 1/4 cangkir tepung meizena, dan minyak kelapa.

Anda bisa mulai mencampurkan tepung maizena dan soda kue dalam mangkuk lalu aduk. Tambahkan minyak kelapa sedikit demi sedikit hingga menjadi pasta kental.

Deodoran dari Minyak Kelapa ini bisa bertahan hingga dua tahun dalam wadah kedap udara dan penyimpanan di lemari es untuk hasil terbaik.

6. Tawas

Tawas merupakan bahan antiperspiran yang populer karena kemampuannya mengurangi keringat. Ini tersedia dalam deodoran standar dan dalam bentuk blok yang dibasahi dan kemudian digosok langsung di bawah lengan.

Beberapa perusahaan menyebut produk ini sebagai “deodoran kristal”. Deodoran ini dapat bekerja dengan cara mengecilkan saluran keringat dan mengurangi bakteri penyebab bau badan.

Itulah sederet resep deodoran alami dengan mudah yang praktis dipraktikkan dari rumah pengganti produk deodoran pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×