Ini 6 makanan yang cocok Anda dijadikan obat diabetes

Jumat, 19 November 2021 | 10:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 makanan yang cocok Anda dijadikan obat diabetes

ILUSTRASI. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jadikan obat diabetes.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari penting untuk dilakukan supaya diabetes tak bertambah. Nah, beberapa jenis makanan ternyata cocok pula untuk dijadikan obat diabetes, lho.

Mengutip dari Good Housekeeping (goodhousekeeping.com), hal penting yang perlu dilakukan penderita diabetes adalah membatasi konsumsi karbohidrat. Alasannya karena karbohidrat nantinya berubah menjadi glukosa yang mana bisa memperparah diabetes.

Di bawah ini, ada beberapa contoh jenis makanan yang dapat Anda jadikan pilihan. Namun, jangan lupa untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya. Terlebih bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan lain, misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol, dan lain sebagainya.

Salmon

Mengonsumsi salmon bisa jadi salah satu cara mengatasi diabetes. Bukan tanpa alasan, ikan salmon mengandung banyak asam lemak omega-3. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi ikan salmon secara berlebihan, ya. Jenis ikan itu berisiko memiliki kandungan merkuri yang buruk untuk kesehatan.

Baca Juga: Hati-hati! Kencing berdarah bisa jadi karena 4 hal ini

Brokoli

Brokoli bisa jadi obat diabetes.

Tahukah Anda bahwa brokoli termasuk salah satu jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes? Brokoli mengandung kalium, vitamin C, serat, dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Alpukat

Makan alpukat jadi cara mengobati diabetes berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Meski demikian, porsi alpukat yang Anda konsumsi tetap perlu diperhatikan. Kandungan lemak sehat yang ada di alpukat tetap membuat jenis buah itu berkalori sehingga sebaiknya jangan mengonsumsi buah itu secara berlebihan.

Sayuran Hijau

Good Housekeeping menyarankan penderita diabetes untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Alasannya karena sayuran hijau mengandung banyak serat dan sedikit kalori. Tidak berhenti sampai di situ, sayuran hijau juga tidak memiliki zat tepung sehingga aman untuk Anda konsumsi.

Baca Juga: 6 Manfaat kopi hitam tanpa gula, efektif membakar lemak

Telur

Telur termasuk salah satu obat diabetes.

Telur juga bisa jadi obat diabetes karena mengandung banyak protein. Namun, jangan makan telur setiap hari, ya. Menurut sebuah penelitian, makan telur setiap hari justru meningkatkan risiko diabetes yang bisa Anda alami.

Tahu

Siapa yang suka makan tahu? Ternyata, makan produk olahan kacang kedelai itu bisa jadi cara mengatasi diabetes, lho. Tahu mengandung banyak protein yang bisa menjaga kesehatan tubuh Anda. Cobalah untuk mengkombinasikan tahu dengan makanan sehat lainnya.

Selanjutnya: Ini 4 manfaat alpukat untuk kesehatan penderita diabetes tipe II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru