kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Langkah Tepat Jaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita dari Siloam Hospitals


Kamis, 07 Juli 2022 / 23:27 WIB
Ini 6 Langkah Tepat Jaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita dari Siloam Hospitals
ILUSTRASI. Mengkonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan Organ Reproduksi Wanita dapat membantu menjaga kesehatan vagina


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Organ reproduksi wanita memiliki peran vital dalam menjaga tingkat kesuburan reproduksi dan kesimbangan hormon tubuh. Peran organ reproduksi ini dapat dijaga jika kaum wanita mengetahui secara menyeluruh dalam melakukan pola kebersihan organ vagina secara konsisten.

Melalui bincang sehat yang digelar Siloam Hospitals Agora, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Andrew Putranagara, Sp. OG., mengatakan, organ reproduksi wanita dapat dibagi menjadi bagian luar dan dalam, yaitu bibir vagina (Vulva) terdiri dari labia majora, labia minora, kelenjar bartholin dan klitoris. Kemudian organ Vagina dan bagian dalam yang terdapat pada leher rahim (Serviks), Rahim, Tuba falopi dan indung telur ( Ovarium).

"Seluruh bagian luar dan dalam dari organ reproduksi ini, termasuk vagina secara konsisten wajib dijaga kebersihannya  dan yang juga penting semua akan berhubungan dengan sistem kerja otak", kata dr. Andrew dalam keterangan resminya, Kamis (7/7)

dr. Andrew Putranagara, dokter Spesialis Kandungan yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Agora, di Cempaka Putih, Jakarta Pusat ini mengatakan, sejumlah gejala yang patut diwaspadai apabila kesehatan organ reproduksi pada wanita ini terganggu kebersihannya. 

Baca Juga: 4 Nutrisi yang Bermanfaat untuk Meningkatkan Produksi Kolagen, Yuk Catat!

"Banyak hal dan beragam namun sejumlah gejala umum yang dapat diwaspadai seperti perubahan warna kulit, bengkak, kemerahan dan gatal serta timbul keputihan dashyat, dan lainnya. Ini dampak jika organ reproduksi tak dijaga kebersihannya," ungkapnya.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Ada beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang bisa dilakukan. Berikut enam langkah tepat yang dapat dilakukan dari edukasi yang disampaikan dr. Andrew Putranagara Sp.OG., dari Siloam Hospitals Agora.

1. Menggunakan Air yang Mengalir

Penggunaan sabun atau pembersih vagina yang tidak sesuai dapat menyebabkan iritasi pada organ vagina. Pasalnya vagina memiliki kadar keasaman atau Ph sekitar 3,8 sampai 4,5. Sabun dan produk pembersih lainnya bisa mengganggu keseimbangan Ph wanita dan memicu vagina menjadi kering hingga infeksi. 

Untuk itu, dr. Andrew menyarankan agar membersihkan vagina secara berkala dengan air mengalir dan membasuh area ini dengan melakukan dari depan ke belakang guna mencegah bakteri dari anus berpindah ke vagina.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×