Ini 6 Fakta Kesehatan Chia Seed yang Tak Banyak Diketahui, Cari Tahu Yuk!

Jumat, 29 April 2022 | 20:03 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Ini 6 Fakta Kesehatan Chia Seed yang Tak Banyak Diketahui, Cari Tahu Yuk!

ILUSTRASI. Chia seed merupakan salah satu biji-bijian sehat yang sering dikonsumsi sebagai menu diet yang mengenyangkan dan sehat.


KONTAN.CO.ID - Chia seed adalah biji-bijian yang memiliki bentuk kecil dan berwarna hitam. Biasanya makanan ini sering dijadikan sebagai menu diet yang menyehatkan.

Bahan makanan ini dijadikan sebagai menu diet karena kandungan manfaatnya yang baik tubuh. Selain itu, bahan makanan ini juga merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat dan fakta menarik tentang chia seed yang tidak banyak diketahui banyak orang.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Air Mata Miliki 3 Jenis Loh! Simak Penjelasannya Ini!

Sudah dikonsumsi sejak lama

Chia seed diperoleh dari tanaman Chia yang dalam bahasa Maya yang berarti kekuatan. Chia seed sendiri telah dikonsumsi oleh masyarakat asli Amerika dan Mexico sejak ratusan tahun lalu. Biasanya chia seed digunakan dalam campuran roti, bubur, maupun obat-obatan karena memiliki manfaat untuk menguatkan tubuh.

Lemak yang baik

Chia seed merupakan biji-bijian yang mengandung banyak lemak baik, termasuk fatty acid omega 3. 75% dari total lemak pada chia seed mengandung omega 3 alpha linoleic acid atau ALA. Sedangkan 20% nya terdiri dari omega 3 fatty acids yang sama-sama baik bagi kesehatan.

Meminimalisir resiko penyakit kronis

Kandungan omega 3 yang banyak pada chia seed dibutuhkan bagi tubuh dan otak untuk bekerja dengan baik. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh juga dapat diminimalisir dengan rutin mengkonsumsi chia seed. Selain itu sumber makanan ini juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Punya Hasil Foto Berkualitas? Jual di Website Online Ini Saja Dijamin Cuan!

Kaya serat                 

Kebanyakan orang terbukti kurang mengkonsumsi serat yang cukup. Serat memiliki manfaat yang baik untuk mencegah tubuh terhindar dari penyakit kronis. Melansir dari laman Milk and Honey Nutrition, 1 sendok the chia seeds setara dengan 5 gram serat. Dengan mengkonsumsi chia seed secara rutin dapat meningkatkan jumlah serat dalam tubuh.

Mudah menyerap cairan

Chia seeds memiliki sifat mudah menyerap cairan hingga 9 kali lebih dari beratnya. Ketika dilarutkan dalam susu atau air, ia dapat dengan mudah menyerap air dan membentuk bentuk gel. Karena sifatnya yang mudah menyatu dengan cairan membuatnya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu menstabilkan tekanan darah dan gula dalam tubuh.

Pengganti telur

Melansir dari laman Heatlh Line, chia seed memiliki tekstur yang mudah menyerap air dan membentuk gel. Karena bentuknya tersebut, chia seed sering digunakan sebagai makanan alternatif pengganti telur bagi orang-orang yang menganut plant-based diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru