kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Ini 6 Daftar Jus Buah untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah, Mudah Dibuat


Kamis, 07 September 2023 / 18:05 WIB
Ini 6 Daftar Jus Buah untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah, Mudah Dibuat


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip rekomendasi jus buah untu mengatasi tekanan darah rendah yang bisa dibuat sendiri. Ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi penderita darah rendah untuk mengembalikan kondisi semula.

Tekanan darah rendah, juga dikenal sebagai hipotensi, adalah kondisi ketika tekanan darah dalam arteri Anda lebih rendah dari batas normal.

Tekanan darah normal biasanya adalah sekitar 120/80 mmHg, dengan angka pertama (sistolik) mengukur tekanan saat jantung berkontraksi dan angka kedua (diastolik) mengukur tekanan saat jantung beristirahat antara kontraksi.

Adanya tekanan darah dianggap rendah jika angka sistolik berada di bawah 90 mmHg dan angka diastolik berada di bawah 60 mmHg.

Baca Juga: 7 Vitamin dan Mineral untuk Mengatasi Kulit Kering, Ada Ikan hingga Lidah Buaya

Mengatasi tekanan darah rendah

Penyebab tekanan darah rendah dapat bervariasi dan bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti dehidrasi, perubahan postur, reaksi alergi atau infeksi, hingga masalah jantung.

Nutrisi untuk tekanan darah rendah

Pastikan Anda perlu memenuhi nutrisi agar terhindar dari tekanan darah rendah seperti:

  • Cairan yang Cukup: Pastikan Anda minum cukup cairan, terutama air, untuk mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk tekanan darah rendah. Minuman herbal, teh tanpa kafein, dan jus buah yang segar adalah pilihan yang baik.
  • Elektrolit: Kadang-kadang, penderita tekanan darah rendah perlu meningkatkan asupan elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium. Makanan yang mengandung natrium, seperti makanan asin, dapat membantu meningkatkan tekanan darah dalam situasi tertentu. Buah-buahan dan sayuran kaya kalium dan makanan yang mengandung magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan dark chocolate juga dapat membantu.
  • Makanan Kaya Zat Besi: Anemia atau kekurangan zat besi dapat memperburuk tekanan darah rendah. Makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah, hati, kuning telur, dan sayuran berdaun hijau, adalah pilihan yang baik.
  • Kafein: Kafein dalam jumlah moderat dapat membantu meningkatkan tekanan darah sementara. Minuman seperti kopi atau teh hitam dapat memberikan dorongan sementara. Namun, konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengganggu tidur dan meningkatkan kecemasan, yang perlu dihindari.

Apabila Anda memiliki penyakit tekanan darah rendah yang bisa timbul atau kambuh secara berulang ada beberapa nutrisi dari jus yang wajib Anda ketahui.

Simak rekomendasi jus buah untuk mengatasi tekanan darah rendah dilansir dari Healthline.

Rekomendasi jus untuk darah rendah

1. Jus buah bit

Buah bit

Sayuran berwarna-warni dan rendah kalori ini tidak hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Sebuah studi percontohan acak dari tahun 2016 menemukan bahwa jus bit mentah dan matang meningkatkan tekanan darah. Nah, jus bit mentah memiliki dampak lebih besar pada tekanan darah.

Bit kaya akan nitrat makanan, senyawa yang diketahui memiliki efek menurunkan tekanan darah. Dalam ulasan tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa manfaat ini lebih besar daripada efek nitrat saja.

2. Jus Tomat

Jus tomat

Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam sebuah studi tahun 2019, peneliti Jepang mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari pada partisipan dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mereka menyimpulkan bahwa jus tomat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL. Penelitian terbaru lainnya melaporkan hasil serupa pada penderita hipertensi stadium 1 dan wanita hamil.

Untuk menghindari natrium yang tidak perlu, yang dapat berdampak sebaliknya pada tekanan darah Anda, pastikan untuk membeli jus tomat tanpa garam.

3. Jus Delima

Jus delima

Buah delima tidak hanya kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, tetapi juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Maka tidak mengherankan apabila jus delima dapat berkontribusi pada pola makan yang menyehatkan jantung.

Tinjauan literatur tahun 2017 terhadap delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Efek pada tekanan darah sistolik tidak bergantung pada berapa lama peserta mengonsumsi jus delima dan berapa banyak.

4. Jus buah beri

Blueberry

Seperti buah delima, buah beri terutama blueberry dikenal karena sifat antioksidannya. Penelitian pada tahun 2020 melaporkan bahwa minum jus cranberry atau ceri dapat meningkatkan tekanan darah.

Penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2016 juga ungkap bahwa mengonsumsi buah beri menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL.

Dalam kedua ulasan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa buah beri kemungkinan besar memiliki manfaat kardiovaskular.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memperjelas perannya dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung.

5. Jus buah Anggur atau Kismis kering

Kismis

Nah, Anda bisa mencoba kismis atau olahan anggur kering yang bisa dicampurkan dengan susu atau buah lain ke dalam bentuk jus buah.

Tentu, ini menjadi tambahan yang bagus untuk diet penderita hipotensi. Kismis kaya akan potasium dan antioksidan sehingga ideal untuk sebagai jus untuk mengatasi tekanan darah rendah.

6. Jus sayur hijau

Jus buah dan sayur

Sayuran berdaun hijau termasuk dalam kelompok sayuran silangan. Kelompok sayuran ini termasuk brokoli, bayam, kangkung, selada, kembang kol, kubis, dll. Sayuran ini merupakan sumber zat besi, folat, dan air.

Anda bisa mencampurkan sayuran ke buah pilihan dalam resep jus untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum melakukan perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis lain atau sedang minum obat. 

Demikian rekomendasi jus untuk mengatasi tekanan darah rendah yang mudah dibuat sesuai selera Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×