CLOSE [X]

Ini 5 Penyebab Munculnya Nyeri Dada di Sebelah Kiri

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 Penyebab Munculnya Nyeri Dada di Sebelah Kiri


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masalah pada jantung merupakan salah satu hal yang biasanya dikaitkan dengan nyeri dada sebelah kiri. Hal itu tidak sepenuhnya salah. Namun, rasa sakit di bagian tersebut juga bisa muncul karena faktor-faktor yang lain.

Anda perlu segera menghubungi tenaga kesehatan jika nyeri dada dibarengi dengan gejala lain yang lebih parah. Mulai dari sesak napas, pusing, mual, muntah, dan rasa sakit yang menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Biasanya, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan untuk benar-benar menentukan kondisi Anda. Nantinya, perawatan akan disesuaikan dengan penyebab nyeri dada. Maka dari itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Serangan Panik

Nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh serangan panik, lo. Serangan panik datang secara tiba-tiba dan biasanya terus Anda rasakan dalam jangka waktu 10 menit. Kondisi itu dapat memicu serangan jantung sehingga nyeri dada pun Anda rasakan.

Selain menimbulkan rasa nyeri di bagian dada, serangan panik juga menimbulkan gejala yang lain. Mulai dari sesak napas, pusing, detak jantung meningkat, mual, keluar keringat dingin, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Benarkah Teh dan Kopi Membuat Asam Lambung Naik?

Miokarditis

Miokarditis adalah kondisi di mana otot jantung mengalami inflamasi atau peradangan. Mengutip Healthline (healhtline.com), miokarditis ringan biasanya tak membutuhkan perawatan apa pun. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan gejala-gejalanya, seperti sesak napas, kelelahan, atau detak jantung yang tak beraturan.

Pneumonia

Pneumonia adalah kondisi di mana paru-paru meradang akibat infeksi. Biasanya, nyeri dada akan lebih terasa saat Anda batuk atau menghirup napas yang dalam. Selain nyeri dada, tentu saja masih banyak gejala lain yang dapat Anda rasakan.

Mulai dari sakit kepala, nafsu makan turun, demam, kelelahan, batuk berdahak, dan lain-lain. Healthline merekomendasikan Anda untuk segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala tersebut. Anda perlu banyak beristirahat dan minum banyak cairan agar kondisi kesehatan Anda tak memburuk.

Stres

Stres termasuk penyebab nyeri dada sebelah kiri.

Stres jadi faktor lain yang membuat dada Anda terasa sakit. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan benar. Jika memang diperlukan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke psikolog supaya stres Anda bisa berkurang.

Baca Juga: Ini Cara Konsumsi Sereh untuk Meredakan Asam Lambung

GERD

Tahukah Anda bahwa GERD juga bisa jadi penyebab nyeri dada sebelah kiri? GERD adalah kondisi di mana katup antara kerongkongan dan lambung tak berfungsi dengan semestinya. Akibatnya, asam lambung dan makanan yang Anda konsumsi bisa kembali ke saluran pencernaan atas.

Kondisi itu mengakibatkan munculnya sensasi terbakar dari perut hingga mulut. Hal itulah yang membuat dada Anda terasa nyeri. Selain berkonsultasi dengan dokter, GERD juga bisa Anda atasi dengan menghentikan kebiasaan merokok, menurunkan berat badan, dan tidak mengonsumsi alkohol dan makanan pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru