kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 penyebab insomnia yang sebaiknya Anda waspadai


Kamis, 17 Juni 2021 / 14:10 WIB
Ini 5 penyebab insomnia yang sebaiknya Anda waspadai
ILUSTRASI. Stres termasuk salah satu penyebab insomnia yang sering dialami oleh banyak orang.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang sering dialami oleh banyak orang. Ada banyak faktor yang jadi penyebab insomnia. Jika terus dibiarkan, tentu saja hal itu tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Anda merasa lelah dan mengantuk, tapi sulit untuk terlelap. Saat sudah terlelap pun, Anda kesulitan untuk mendapat waktu tdiru berkualitas. Itulah yang dimaksud dengan insomnia. Anda tidak perlu khawatir jika kondisi itu terjadi dalam waktu singkat.

Namun, insomnia yang terjadi secara terus-menerus bisa jadi tanda gangguan pada kesehatan tubuh Anda. Segera konsultasikan masalah tersebut pada dokter. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untu menentukan perawatan yang sesuai dengan penyebabnya.

Stres

Stres jadi salah satu penyebab insomnia yang sering terjadi. Mengutip dari Web MD (webmd.com), insomnia yang terjadi akibat stres dapat berkembang jadi gangguan kesehatan yang lebih parah. Misalnya, gangguan kecemasan, insomnia kronis, serangan panik, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang mudah Anda coba

Gangguan Pernapasan

Faktor lain yang menyebabkan Anda sulit tidur adalah gangguan pernapasan. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada kondisi itu. Mulai dari alergi, penyakit asma, berat badan berlebih atau obesitas, dan faktor-faktor lain.

Rasa Gatal

Rasa gatal juga termasuk salah satu penyebab insomnia, lo. Web MD mengatakan bahwa rasa gatal berlebih yang muncul di kulit bisa terjadi karena eksim atau psoriasis. Namun, tidak menutup kemungkinan hal itu juga bisa terjadi akibat faktor lain. Jadi, ada baiknya bagi Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demensia

Salah satu penyebab insomnia adalah menopause.

Faktor lain yang menyebabkan insomnia adalah penyakit demensia. Selain sulit tidur, penderita demensia juga sering mengalami kebingungan, gangguan kecemasan, dan lebih bersifat agresif. Kondisi itu bisa hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa waktu kemudian, penderitanya bisa kembali mengalami hal yang sama.

Baca Juga: Mudah dilakukan, yuk coba 5 cara mengatasi insomnia ini

Menopause

Tahukah Anda bahwa menopause termasuk salah satu faktor yang menyebabkan insomnia? Saat memasuki masa menopause, terdapat banyak perubahan hormon dalam tubuh Anda.

Hal itulah yang mengakibatkan Anda sulit tidur. Selain itu, menopause juga sering membuat Anda mengeluarkan banyak keringat dingin di malam hari. Jika Anda terganggu akan hal itu, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Ini 5 cara menghilangkan ngantuk yang perlu Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×