Tips Sehat

Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang mudah Anda coba

Rabu, 12 Mei 2021 | 03:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang mudah Anda coba


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apa itu insomnia? Insomnia adalah gangguan tidur di mana Anda kesulitan untuk tidur dan mendapat watu istirahat yang cukup. Hal itu bisa memicu timbulnya berbagai macam masalah yang mengganggu kondisi fisik dan mental.

Melansir Johns Hopkins Medicine (hopkinsmedicine.org), waktu tidur yang tidak terpenuhi berpengaruh pada konsentrasi dan perasaan, obesitas, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan risiko depresi. Untuk menghindari hal itu, ada banyak cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Anda perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Kedua, periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami insomnia dalam jangka waktu lama. Ketiga, cobalah untuk membiasakan diri melakukan beberapa hal ini.

Olahraga

Tahukah Anda bahwa rajin olahraga termasuk salah satu cara mengatasi insomnia? Cobalah untuk melakukan olahraga aerobik dengan intensitas sedang secara rutin. Namun, pastikan untuk tidak melakukannya dua jam sebelum jadwal tidur, ya.

Saat olahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin yang bisa membuat tubuh Anda terjaga. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan suhu tubuh. Jadi, ada baiknya untuk melakukan olahraga jauh sebelum waktu istirahat di malam hari.

Baca Juga: Mudah dicoba, inilah 6 cara menghilangkan stres Anda

Tidur dengan Lampu Redup

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan mengatur pencahayaan saat tidur. Matikan lampu kamar tidur sehingga kualitas tidur Anda tidak terganggu. Selain itu, usahakan untuk tidak bermain ponsel atau gawai yang lain. Cahaya biru yang keluar dari gawai bisa membuat Anda semakin kesulitan untuk tidur.

Minum Susu

Melansir Johns Hopkins Medicine, mengonsumsi susu dapat menstimulasi efek triptofan di otak sehingga Anda bisa tidur lebih cepat. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Selain susu, teh kamomil juga bisa Anda jadikan pilihan. Jenis teh itu tidak mengandung kafein seperti jenis teh yang lain sehingga bisa digunakan sebagai obat insomnia. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Baca Juga: Anda insomnia? Coba 5 cara mengatasinya secara efektif ini

Atur Suhu Ruangan

Selain pencahayaan, cara mengatasi insomnia juga bisa Anda lakukan dengan mengatur suhu ruangan. Atur suhu ruangan menjadi lebih dingin sehingga Anda bisa merasa nyaman saat istirahat. Apalagi jika Anda memasuki masa menopause di mana suhu tubuh dapat meningkat.

Selanjutnya: 5 Gangguan tidur ini bikin ngantuk sepanjang hari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru