Ini 5 pantangan asam lambung yang perlu Anda waspadai

Rabu, 22 September 2021 | 07:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 pantangan asam lambung yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Minuman berkarbonasi termasuk salah satu pantangan asam lambung yang perlu Anda ketahui.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung yang tak terkontrol dapat menyebabkan banyak masalah. Salah satu kondisi yang sering dialami banyak orang adalah heartburn atau sensasi terbakar di saluran pencernaan. Untuk mengatasinya, ada beberapa pantangan asam lambung yang sebaiknya Anda hindari.

Masalah yang muncul karena asam lambung tak hanya dipengaruhi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Porsi makan dan posisi tubuh setelah makan juga memiliki pengaruh serupa. Nah, hal-hal tersebut masih bisa Anda kontrol untuk menurunkan risiko asam lambung.

Alih-alih mengonsumsi makanan di bawah ini, konsumsilah makanan lain yang lebih bergizi. Anda bisa membicarakannya dulu dengan dokter supaya mendapat menu sehat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Makanan Pedas

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa makanan pedas sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis makanan itu bisa menyebabkan sakit perut dan memperparah heartburn.

Baca Juga: Waspada! 5 Pantangan asam urat ini bisa Anda alami

Minuman Tertentu

Beberapa jenis minuman juga perlu Anda hindari untuk mengontrol jumlah asam lambung. Jenis-jenis minuman yang dimaksud adalah minuman berkarbonasi, minuman beralkohol, kopi, teh, jus tomat, atau jus buah sitrus dengan rasa yang asam.

Buah dan Sayur

Buah nanas termasuk pantangan asam lambung.

Pada umumnya, buah dan sayur baik untuk kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa jenis buah dan sayur yang termasuk dalam pantangan asam lambung. Tak hanya buah sitrus dan tomat, buah nanas, bawang putih, dan bawang merah tak baik untuk sistem pencernaan Anda.

Makanan Berlemak

Jenis makanan selanjutnya yang termasuk dalam pantangan asam lambung adalah makanan-makanan yang mengandung banyak lemak. Ada banyak jenis makanan kaya lemak yang perlu Anda hindari. Mulai dari kentang goreng, es krim, keju, atau produk olahan susu tinggi lemak lainnya.

Baca Juga: Wajib Anda ketahui, hindari 4 pantangan ibu hamil ini

Jenis Makanan Lain

Mengutip dari Healthline, masih banyak jenis makanan lain yang perlu Anda hindari supaya asam lambung naik bisa Anda hindari. Cokelat, makanan olahan, dan daun mint merupakan jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Beberapa jenis obat atau suplemen yang Anda konsumsi juga bisa berdampak pada asam lambung, lo. Untuk menghindari hal-hal yang tak Anda inginkan, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum Anda rutin mengonsumsinya.

Selanjutnya: Buat penderita asam lambung, ini 6 Makanan yang tidak boleh dimakan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru