Ini 5 obat herbal sakit tenggorokan yang bisa Anda coba

Selasa, 23 November 2021 | 12:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 obat herbal sakit tenggorokan yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Ada banyak pilihan obat herbal sakit tenggorokan yang bisa Anda jadikan opsi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi obat herbal sakit tenggorokan adalah salah satu cara supaya kondisi kesehatan Anda terjaga. Dengan mengonsumsi jenis bahan alami tertentu, rasa sakit dan tidak nyaman yang muncul di tenggorokan Anda bisa berkurang.

Biasanya, sakit tenggorokan merupakan tanda infeksi, baik virus, bakteri, atau benda asing yang lain. Saat kondisi itu terjadi, Anda mungkin akan kesulitan untuk menelan makanan dan minuman. Hal itu juga dapat mengganggu kegiatan-kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami ini sebagai obat sementara. Apabila sakit tenggorokan tak kunjung hilang, usahakan untuk jangan menunda waktu konsultasi ke dokter. Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda miliki.

Bawang Putih

Bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai obat herbal sakit tenggorokan adalah bawang putih. Sama seperti bahan alami yang lain, bawang putih memiliki kandungan yang dapat melawan infeksi bakteri. Medicine Net (medicinenet.com) merekomendasikan Anda untuk mengunyah bawang putih secara langsung.

Baca Juga: Daftar 6 obat maag alami ini mudah ditemukan, apa saja?

Cuka Apel

Zat asam dalam cuka apel dapat melindungi tenggorokan yang meradang. Bakteri yang menginfeksi tubuh pun dapat dilawan dengan bahan alami itu. Caranya, berkumurlah dengan 8 ons air yang dicampur dengan 1 sdt cuka apel. Lakukan langkah tersebut secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Air Garam

Air garam bisa jadi obat herbal sakit tenggorokan.

Bukan lagi jadi rahasia apabila air garam dijadikan obat herbal sakit tenggorokan. Pertama, campur 1 sdt garam dalam 8 ons air lalu gunakanlah untuk berkumur. Usahakan untuk tidak memakai garam terlalu banyak, ya. Hal itu justru bisa membuat membran tenggorokan kering sehingga sakit tenggorokan semakin parah.

Air Hangat

Sakit tenggorokan bisa mereda ketika Anda rutin minum air hangat, misalnya kuah sup atau teh hangat. Dengan mengonsumsi air hangat, lendir yang biasanya terproduksi ketika sakit tenggorokan bisa lebih encer. Dengan begitu, lendir bisa dikeluarkan dengan lebih mudah sehingga rasa sakit pun berkurang.

Baca Juga: 4 Makanan untuk penderita asam lambung yang wajib Anda lirik

Madu

Madu jadi bahan alami lain yang sayang jika tak Anda manfaatkan. Mengutip dari Medicine Net, madu memiliki antibakteri yang dapat melindungi tubuh Anda dari infeksi bakteri. Tidak berhenti sampai di situ, madu juga efektif dijadikan obat batuk, lo.

Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya dengan bahan alami lain, misalnya air hangat atau air lemon. Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah 1 tahun karena bisa memicu alergi.

Selanjutnya: Waspadai 11 tanda-tanda ini, bisa jadi kadar gula darah kamu tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru