Ini 5 obat asam urat yang aman untuk lambung, mau coba?

Senin, 20 September 2021 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 obat asam urat yang aman untuk lambung, mau coba?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi obat untuk menurunkan asam urat perlu Anda lakukan. Tak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat asam urat yang aman untuk lambung. Dengan begitu, kondisi tubuh yang lain bisa tetap terjaga.

Apabila dibiarkan, jumlah asam urat bisa menumpuk, apalagi di bagian sendi. Akibatnya, sendi meradang sehingga membuat Anda tak nyaman. Selain menimbulkan rasa sakit, penumpukan asam urat juga membuat sendi membengkak dan berwarna merah.

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini, masih ada banyak cara menurunkan kolesterol lain yang perlu Anda coba. Mulai dari mengontrol berat badan, berhenti merokok, dan menerapkan pola hidup sehat. Jangan lupa pula untuk tetap berkonsultasi dengan dokter.

Makanan Rendah Purin

Very Well Health (verywellhealth.com) mengatakan bahwa mengonsumsi makanan kaya purin dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam tubuh. Maka dari itu, Anda perlu memilih makanan-makanan yang mengandung sedikit purin supaya asam urat lebih terkontrol.

Baca Juga: Yuk, konsumi 4 makanan untuk penderita asam urat ini

Produk Olahan Susu Rendah Lemak

Produk olahan susu rendah lemak termasuk salah satu obat asam urat yang aman untuk lambung, lo. Jenis makanan itu mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan, apalagi di bagian persendian.

Buah Ceri

Buah ceri termasuk bahan alami selanjutnya yang bisa dipakai sebagai obat asam urat yang aman untuk lambung. Antioksidan yang terdapat dalam jenis buah itu berperan sebagai antiinflamasi sehingga efek jumlah asam urat yang terlalu banyak dapat teratasi dengan baik.

Mengutip dari Very Well Health, belum ada dosis pasti yang bisa Anda jadikan patikan. Satu penelitian mengatakan bahwa Anda perlu mengonsumsi ½ gelas buah ceri per hari. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa Anda perlu mengonsumsi satu gelas buah ceri per hari.

Baca Juga: Tanpa obat! Ini 5 cara mudah menurunkan asam urat tinggi secara alami

Sayur

Beberapa jenis sayur memang memiliki banyak purin. Namun, purin yang terkandung dalam sayur diolah tubuh secara berbeda sehingga tak menambah jumlah asam urat. Sayur merupakan bahan alami yang mengandung segudang vitamin dan mineral sehingga baik jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

Air Putih

Air putih termasuk salah satu obat asam urat yang aman untuk lambung.

Obat asam urat berikutnya adalah air putih. Semakin banyak air putih yang Anda minum, semakin banyak pula asam urat yang ikut keluar bersama air kencing. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Selanjutnya: Asam lambung kumat lagi? Daun pokak bisa mengatasi asam lambung naik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru