Kesehatan Umum

Ini 5 makanan yang bisa cegah kanker payudara, sang pembunuh nomor 1 wanita Indonesia

Minggu, 09 Februari 2020 | 15:44 WIB Sumber: Grid
Ini 5 makanan yang bisa cegah kanker payudara, sang pembunuh nomor 1 wanita Indonesia

ILUSTRASI. Ilustrasi kanker payudara. Kanker payudara dikenal sebagai pembunuh nomor satu wanita di Indonesia bahkan di dunia. REUTERS/Pilar Olivares (PERU - Tags: POLITICS HEALTH SOCIETY)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker payudara dikenal sebagai pembunuh nomor satu wanita di Indonesia bahkan di dunia. Dilaporkan oleh WHO dan Kementerian Kesehatan Indonesia, jumlah penderita kanker di Indonesia pada 2018 mencapai 136.2 per 100.000 penduduk.

Di mana jenis kanker paling banyak diderita wanita adalah kanker payudara. Sedangkan untuk laki-laki adalah kanker paru-paru. Mengingat kanker payudara masih menjadi momok di Indonesia, tak ada salahnya kaum Hawa mulai mencegah kanker payudara.

Baca Juga: Kombinasi psikoterapi, magic mushroom bisa menurunkan rasa depresi penderita kanker

Salah satu caranya dengan menurunkan faktor risiko dan rajin melakukan deteksi dini penyakit ini. Melansir Healthline, diet atau pengaturan pola makan dapat membantu mengurangi risiko Anda mengidap kanker payudara.

Salah satunya dengan rajin mengonsumsi asupan yang kaya serat, omega 3, lemak baik, dan antioksidan. Antioksidan dapat membantu untuk melindungi sel tubuh Anda dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang dilepaskan oleh racun, seperti asap tembakau, polusi, dll. Zat tersebut tidak hanya dikaitkan dengan kanker, tetapi juga dapat berkontribusi pada penuaan dini dan penyakit jantung.

Melansir berbagai sumber, berikut sejumlah makanan untuk mencegah kanker payudara:
1. Kale, brokoli, stroberi
Studi yang melibatkan 91.779 wanita menunjukkan, kebiasaan makan sayur dan buah menurunkan risiko kanker payudara sampai 15%. Sayur dan buah kaya akan flavonoid. Senyawa ini memberikan manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Rasa bahagia dan sejahtera mempercepat penyembuhan kanker, lo

Beberapa sayur dan buah-buahan yang direkomendasikan untuk mencegah kanker payudara antara lain:
- Sayuran berdaun hijau tua seperti kale dan brokoli
- Buah, khususnya stroberi, blueberry, blackberry, dan persik
- Kacang-kacangan

Anda disarankan mengonsumsi sayur dan buah segar setidaknya lima sampai sembilan porsi sehari.

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru