Ini 5 cara menurunkan tensi yang sebaiknya Anda coba

Rabu, 04 Agustus 2021 | 09:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 cara menurunkan tensi yang sebaiknya Anda coba

ILUSTRASI. Supaya kesehatan tetap terjaga, ada banyak cara menurunkan tensi yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa cara menurunkan tensi perlu Anda lakukan supaya tekanan darah lebih terkontrol. Dengan begitu, risiko serangan jantung, stroke, atau penyakit lain yang berhubungan dengan tekanan darah dapat Anda cegah.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), tekanan darah bisa menyebabkan masalah kesehatan jika lebih dari 130/80 mmHg. Untuk menurunkannya, Anda perlu menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Misalnya, rajin olahraga, mengatur makanan yang Anda konsumsi, dan lain sebagainya.

Selain mencoba beberapa hal di bawah ini, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan bisa terpantau. Jika memang dibutuhkan, biasanya dokter akan memberikan beberapa jenis obat yang perlu Anda konsumsi.

Turunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, tekanan darah dapat Anda kontrol dengan menurunkan berat badan. Ada banyak program diet yang bisa Anda coba. Namun, usahakan untuk melakukan diet sehat supaya tidak membahayakan kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Obat herbal diabetes melitus yang bahannya mudah didapatkan

Kelola Stres

Mengelola stres dengan baik termasuk salah satu cara menurunkan tensi, lo. Berbagai macam cara bisa Anda coba supaya stres dapat berkurang. Mulai dari melakukan meditasi atau yoga, membuat jurnal, mencoba hobi baru, dan lain-lain.

Makan Cokelat Hitam

Tahukah Anda bahwa makan cokelat hitam bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi? Supaya manfaat itu bisa Anda dapat, pastikan untuk mengonsumsi cokelat hitam yang terbuat dari 60% hingga 70% cacao.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi satu hingga dua kotak cokelat hitam per hari dapat menurunkan tekanan darah dan inflamasi dalam tubuh. Dengan begitu, risiko penyakit jantung pun berkurang.

Baca Juga: Segar dan kaya vitamin, ini infused water yang bisa merontokkan tekanan darah tinggi

Konsumsi Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih bisa jadi cara menurunkan tensi.

Selain cokelat hitam, bawang putih juga bisa jadi obat hipertensi. Melansir Healthline, rutin makan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 12 mmHg dan menurunkan tekanan darah diastolik sebanyak 6 mmHg.

Batasi Konsumsi Alkohol

Cara menurunkan tensi berikutnya adalah dengan membatasi konsumsi alkohol. Setiap mengonsumsi 10 g alkohol, tekanan darah Anda bisa naik hingga 1 mmHg. Untuk laki-laki, sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua gelas alkohol per hari. Sedangkan untuk wanita sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu gelas.

Selanjutnya: 5 Bahan alami yang berkhasiat sebagai obat herbal diabetes melitus

Editor: Belladina Biananda
Terbaru