kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Ini 5 Cara Menghaluskan Kulit Telapak Tangan dengan Bahan Alami


Senin, 29 Mei 2023 / 14:24 WIB
Ini 5 Cara Menghaluskan Kulit Telapak Tangan dengan Bahan Alami
ILUSTRASI. Ini 5 Cara Menghaluskan Kulit Telapak Tangan dengan Bahan Alami. KONTAN/Muradi/09/02/2009


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menghaluskan kulit telapak tangan dengan mudah. Masalah pada kulit bisa beragam dan timbul di beberapa bagian tubuh, salah satunya telapak tangan.

Telapak tangan merupakan bagian dari permukaan bawah tangan yang terdiri dari kulit yang lebih tebal dan padat dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Telapak tangan sering kali mengalami gesekan dan tekanan yang intensif sehari-hari, yang dapat menyebabkan kulitnya menjadi kasar dan kering.

Kulit telapak tangan yang kering dan kasar menjadi salah satu kondisi di mana kulit pada area telapak tangan menjadi kering, pecah-pecah, dan terasa kasar ketika disentuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi, Catat!

Cara menghaluskan kulit telapak tangan

Penyebab masalah kulit telapak tangan kasar

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini antara lain:

  • Paparan Air dan Bahan Kimia: Pekerjaan yang melibatkan paparan berulang terhadap air, seperti mencuci piring atau membersihkan, serta paparan bahan kimia dapat menyebabkan kulit telapak tangan kehilangan kelembapan alaminya. Paparan ini dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit, sehingga menyebabkan kekeringan dan kerusakan.
  • Cuaca Ekstrem: Cuaca dingin dan berangin dapat mengeringkan kulit, termasuk kulit telapak tangan. Suhu dingin dan kelembapan rendah dapat menyebabkan kehilangan kelembapan alami dari kulit.
  • Sabun yang Berlebihan: Penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia keras dan penggunaan yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Faktor Genetik: Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki kulit yang cenderung kering dan kasar, termasuk di telapak tangan.

Sementara itu, ada bahan alami yang dapat membantu masalah kulit telapak tangan kasar menjadi lebih halus.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk menghaluskan kulit telapak tangan dirangkum dari Health Line.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Jeruk Purut, Bisa Bikin Awet Muda

Cara menghaluskan kulit telapak tangan

1. Eksfoliasi dengan Gula dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Cara pertama untuk menghaluskan kulit telapak tangan adalah mencampurkan jumlah yang sama antara gula dan minyak zaitun untuk membuat scrub alami.

Gosokkan campuran ini perlahan ke telapak tangan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Gula akan mengangkat sel-sel kulit mati sementara minyak zaitun akan memberikan kelembapan pada kulit.

Anda bisa melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikan jeda beberapa hari agar kulti tetap mendapatkan waktu untuk regenerasi.

2. Masker Pisang

Masker pisang

Kemudian, ada cara menghaluskan kulit telapak tangan dengan praktis. Anda bisa menghancurkan sepotong pisang matang, lalu oleskan pasta pisang pada telapak tangan.

Lalu, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Pisang mengandung enzim dan nutrisi yang dapat membantu menghaluskan kulit dan menjaga kelembapan alami.

Pastikan memilih buah pisang yang masih segar dan tidak dalam masa pembusukan.

3. Minyak Kelapa

 Ilustrasi Minyak Kelapa

Nah, langkah mudah untuk mengatasi masalah kulit telapak tangan kasar adalah dengan minyak kelapa.

Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ekstra virgin secara teratur pada telapak tangan dan pijat perlahan. Lakukan dengan minyak kelapa yang dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya

Selanjutnya, bahan alami untuk menghaluskan kulit telapak tangan adalah lidah buaya. Anda bisa mengambil gel segar dari daun lidah buaya dan oleskan pada telapak tangan.

Biarkan beberapa menit agar gel meresap, lalu bilas dengan air hangat. Lidah buaya memiliki sifat pelembap dan bermanfaat untuk membantu menghidrasi kulit telapak tangan yang tebal.

5. Minyak Almond

Minyak almond

Oleskan minyak almond pada telapak tangan dan pijat perlahan selama beberapa menit. Minyak almond mengandung vitamin E dan lemak sehat yang dapat membantu menjaga kelembapan dan menghaluskan kulit.

6. Pelembap Alami

Pelembap Kulit Alami

Anda bisa menggunakan pelembap alami, seperti madu atau minyak jojoba, pada telapak tangan secara teratur untuk menjaga kelembapan dan membantu menghaluskan kulit.

Selain menggunakan bahan alami, penting juga untuk menjaga kelembapan kulit telapak tangan dengan rajin menggunakan pelembap.

Selain itu, Anda bisa menghindari paparan air panas yang berlebihan, dan menggunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan yang dapat menyebabkan kulit menjadi kasar, seperti membersihkan atau mencuci piring.

Apabila masalah kulit telapak tangan Anda berlanjut atau menjadi lebih parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli perawatan kulit untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Demikian beberapa cara menghaluskan kulit telapak tangan dengan bahan alami yang bisa diterapkan dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×