Ini 5 bahan alami yang bisa jadi obat sariawan anak

Jumat, 12 November 2021 | 12:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 bahan alami yang bisa jadi obat sariawan anak

ILUSTRASI. Minyak zaitun adalah salah satu obat sariawan anak yang bisa Anda gunakan.

KONTAN.CO.ID - Karena menimbulkan rasa sakit, sariawan bisa membuat anak menjadi susah makan. Supaya hal itu tidak terus berlanjut, ada banyak obat sariawan anak yang bisa dicoba, misalnya, dengan memanfaatkan beberapa jenis makanan dan minuman.

Biasanya, sariawan muncul ketika gusi, lidah, atau bagian dalam mulut tidak sengaja tergigit. Selain itu, penyebab sariawan yang lain adalah kebersihan mulut yang tak terjaga, tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu, dan beberapa faktor yang lain.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa pilihan makanan dan minuman yang bisa mengatasi sariawan anak dengan baik. Namun, apabila sariawan tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk segera memeriksakan anak ke dokter, ya.

Makanan dingin

Melansir Very Well Health, Anda bisa memberi makanan bersuhu dingin kepada anak ketika mereka memiliki sariawan.

Selain buah-buahan dingin, Anda juga dapat memberikan es batu untuk diisap anak. Namun, pastikan agar anak tidak mengunyahnya dengan gigi supaya giginya tidak rusak.

Baca Juga: 4 Cara mengobati sariawan ini gampang Anda praktikkan

Minyak zaitun

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda pakai sebagai obat sariawan anak adalah minyak zaitun. Jenis minyak itu bisa Anda aplikasikan pada makanan yang anak konsumsi.

Karena membuat makanan licin, anak menjadi lebih mudah untuk menelan makanannya.

Teh herbal

Teh kamomil adalah salah satu obat sariawan anak.

Minum teh herbal adalah cara mengobati sariawan lainnya yang dapat Anda praktikkan. Tapi, Anda perlu memilih teh herbal yang benar. Usahakan untuk memberi anak teh herbal yang tidak memiliki kafein, misalnya, teh kamomil.

Air hangat

Obat sariawan anak berikutnya yang sangat mudah untuk Anda temukan adalah air hangat. Minta anak untuk berkumur dengan air hangat setiap selesai makan. Dengan begitu, sariawan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Tak hanya kompres, coba 5 cara mengatasi sakit gigi ini

Buah

Buah yang mengandung air bisa dijadikan obat sariawan anak.

Anda bisa menyembuhkan sariawan anak dengan buah-buahan, apalagi jenis buah yang mengandung banyak air, contohnya semangka.

Tapi, Very Well Health mengingatkan Anda untuk tidak memberikan buah-buahan yang memiliki biji kecil, misalnya, buah beri.

Selain memanfaatkan beberapa bahan di atas, sariawan anak juga bisa disembuhkan dengan hal lain. Mulai dari memilih makanan bertekstur lembut, menggunakan sedotan ketika minum sesuatu, hingga menggigit makanan berukuran kecil.

Selanjutnya: Bintangi Eternals di Marvel, Gemma Chan bagikan foto-foto syuting bareng pemeran lain

Editor: Belladina Biananda
Terbaru