kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 penyebab sakit kepala belakang yang bisa Anda alami


Senin, 15 Februari 2021 / 08:47 WIB
Ini 4 penyebab sakit kepala belakang yang bisa Anda alami
ILUSTRASI. Ada banyak penyebab sakit kepala belakang yang bisa Anda alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit kepala belakang adalah salah satu gangguan yang dialami oleh banyak orang. Obat sakit kepala memang bisa meredakan rasa nyeri, tapi hal itu tidak benar-benar mengatasi penyebabnya. Anda perlu mengetahui akar masalahnya supaya sakit kepala tidak datang terlalu sering.

Mengutip dari Web MD (webmd.com), rasa nyeri di belakang kepala dapat disebabkan oleh tension headache. Jenis sakit kepala itu terjadi akibat otot di sekitar kulit kepala dan leher menegang. Ada beberapa faktor yang memicu kemunculan tension headache.

Mulai dari stres, rasa lapar, cemas, depresi, dan lain sebagainya. Jika faktor itu terus Anda alami, frekuensi sakit kepala akan meningkat. Selain tension headache, masih banyak penyebab lain yang dapat menimbulkan sakit kepala.

Postur Tubuh yang Buruk

Postur tubuh yang buruk, seperti membungkuk, dapat mengganggu kondisi otot dan saraf di sekitar leher, rahang, pundak, dan kepala. Itulah yang menyebabkan sakit kepala belakang terjadi. Jika diperlukan, Anda perlu menjalani terapi fisik untuk memperbaiki postur tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat migrain ini mudah untuk Anda coba

Artritis

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena penyakit artritis. Web MD mengatakan, kondisi itu terjadi akibat artritis yang berada di vertebra pertama, kedua, dan ketiga tulang belakang. Perubahan struktur tulang dan pembuluh darah di otak yang membengkak pun dapat menimbulkan kondisi yang sama.

Jika Anda mengalami hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, ada beberapa tes yang perlu Anda jalani agar dokter bisa lebih mudah dalam mendiagnosa. Biasanya, beberapa obat akan diberikan untuk Anda, seperti obat antiinflamasi atau pelemas otot.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 4 penyebab sakit kepala sebelah kiri

Neuralgia Oksipital

Meski jarang terjadi, sakit kepala belakang dapat disebabkan karena saraf oksipital yang terluka atau meradang. Tak hanya di belakang kepala, rasa sakit dapat menjalar ke bagian belakang telinga. Anda bisa mengatasi sakit kepala itu dengan konsultasi ke dokter, memakai kompres hangat, atau memijatnya kepala secara perlahan.

Sakit Kepala Servikogenik

Banyak orang yang merasa sakit kepala servikogenik di belakang kepala. Padahal, kondisi itu sebenarnya terjadi di leher bagian belakang. Umumnya sakit kepala terjadi karena gangguan pada tulang atau jaringan di sekitarnya, seperti tumor, infeksi, dan patah tulang.

Selanjutnya: Cari obat sakit kepala di rumah? Coba 4 hal ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×