Ini 4 penyebab kanker serviks yang perlu Anda waspadai

Jumat, 25 Juni 2021 | 12:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 penyebab kanker serviks yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab kanker serviks yang perlu Anda waspadai. REUTERS/Danny Moloshok.

KONTAN.CO.ID - Kanker serviks muncul saat sel-sel yang awalnya sehat terinfeksi virus sehingga mengalami mutasi. Penting bagi Anda untuk mewaspadai faktor apa saja yang jadi penyebab kanker serviks.

Sebab, jika terus dibiarkan, tentu saja pertumbuhan sel kanker itu bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Pada beberapa kasus, sel yang terinfeksi dan bermutasi dapat hilang sehingga kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Namun, tidak sedikit pula kasus di mana pertumbuhan sel kanker lebih cepat. Apalagi, jika Anda memiliki faktor risiko tertentu.

Beberapa gejala kanker serviks yang bisa Anda alami adalah produksi keputihan meningkat, pendarahan meski sudah menopause, muncul rasa sakit di punggung atau panggul, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari kondisi kesehatan yang lebih parah, perhatikan beberapa faktor ini:

Human Papiloma Virus

Kanker serviks muncul saat sel terinfeksi virus. Nah, Human Papiloma Virus atau HPV adalah penyebabnya.

Mengutip dari Cancer.net, ada lebih dari 100 tipe HPV, tapi tidak semua berhubungan dengan kanker. Umumnya, tipe HPV yang jadi penyebab kanker serviks adalah HPV16 dan HPV18.

Risiko tertular virus itu semakin tinggi saat Anda memiliki lebih dari satu pasangan untuk berhubungan seksual. Selain itu, melakukan hubungan seksual di usia yang terlalu dini juga bisa jadi penyebabnya.

Baca Juga: Wajib tahu, ini 5 penyebab keputihan yang bisa Anda alami

Usia

Usia berpengaruh pada risiko terinfeksi kanker serviks. Mereka yang berusia kurang dari 20 tahun lebih rentan terkena penyakit itu.

Tapi, bukan berarti mereka yang tidak tergolong dalam usia itu bisa menyepelekan kanker serviks. Cobalah untuk rutin melakukan tes atau pemeriksaan sehingga kesehatan dapat terkontrol.

Sistem imun tubuh rendah

Sistem imun tubuh rendah bisa jadi penyebab kanker serviks lainnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan sistem imun tubuh Anda rendah. Mulai dari terinfeksi HIV hingga mengonsumsi obat kortikosteroid.

Baca Juga: Ini 5 manfaat buah tin, bisa untuk kesehatan pencernaan hingga anti kanker

Merokok

Kebiasaan merokok termasuk salah satu faktor penyebab kanker serviks.

Cancer.net menyebutkan bahwa wanita yang merokok berisiko dua kali lipat terinfeksi kanker serviks. Jika Anda memiliki kebiasaan itu, cobalah untuk mengurangi atau bahkan benar-benar menghentikannya.

Berkonsultasi dengan dokter bisa jadi salah satu cara menghentikan kebiasaan tidak sehat itu.

Selanjutnya: Inilah 4 gejala kanker serviks yang perlu Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru