kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 obat tekanan darah rendah yang bisa Anda konsumsi


Jumat, 16 April 2021 / 14:17 WIB
Ini 4 obat tekanan darah rendah yang bisa Anda konsumsi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sama seperti penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit tekanan darah rendah juga menyebabkan banyak masalah penyakit. Maka dari itu, Anda perlu segera mengatasinya. Salah satunya dengan mengonsumsi obat tekanan darah rendah.

Ada banyak jenis obat di apotek yang bisa Anda konsumsi supaya tekanan darah meningkat. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami supaya tekanan darah bisa lebih stabil. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya.

Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari efek samping atau hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu di mana bahan-bahan berikut bisa berpengaruh terhadap efektivitas obat yang Anda konsumsi itu.

Vitamin B12

Firstcry.com menyebutkan, mengonsumsi vitamin B12 bisa jadi salah satu cara meningkatkan tekanan darah. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang mengandung jenis vitamin itu. Mulai dari susu, telur, ikan, hingga bayam.

Selain mengonsumsi makanan itu secara rutin, Anda juga bisa minum suplemen vitamin B12.

Baca Juga: Waspadai penyebab darah rendah yang bisa Anda alami ini

Garam

Tahukah Anda bahwa garam termasuk obat tekanan darah rendah? Sodium dalam garam mampu menaikkan tekanan darah Anda sehingga lebih stabil.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi garam secara berlebihan agar tak ada masalah kesehatan lain yang Anda alami.

Teh hijau

Teh hijau termasuk salah satu obat tekanan darah rendah.

Obat tekanan darah rendah lainnya adalah teh hijau. Bahan alami itu mengandung kafein yang membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah pun meningkat. Cara yang perlu Anda lakukan untuk mendapat manfaat itu cukup mudah.

Pertama-tama, rebus 1 sdm teh hijau dalam air selama lima hingga 10 menit. Tambahkan 1 sdt madu untuk meningkatkan cita rasa. Minum teh hijau sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Anda menderita darah rendah? Rekomendasi makanan ini bisa dicoba

Susu almond

Mengutip dari Firstcry.com, mengonsumsi susu almond juga bisa jadi cara meningkatkan tekanan darah. Jenis susu itu juga memiliki banyak asam lemak yang dibtuhkan tubuh dan tidak banyak mengandung kolesterol sehingga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa tetap terjaga.

Cara membuat susu almond tidak sulit. Pertama-tama, rendam lima hingga enam kacang almond semalaman. Di pagi hari, kupas kulit kacang almond dan tumbuk kacang hingga halus. Rebus kacang tersebut dalam air lalu minum susu almond setiap hari.

Selanjutnya: Sederet makanan yang bisa meningkatkan kesehatan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×