kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai penyebab darah rendah yang bisa Anda alami ini


Rabu, 24 Maret 2021 / 11:58 WIB
Waspadai penyebab darah rendah yang bisa Anda alami ini
ILUSTRASI. Selain memerhatikan penyebab darah rendah, gejala hipotensi pun perlu Anda waspadai.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab darah rendah atau hipotensi yang bisa Anda alami. Mulai dari faktor penyebab yang bersifat sementara atau faktor penyebab yang membutuhkan perawatan ekstra. Penyebab-penyebab itu perlu segera diatasi supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Mengutip dari Medical News Today, seseorang dikatakan menderita hipotensi jika tekanan darahnya berada di bawah 90/60 mm Hg. Untuk menghindari hal tersebut, ada banyak cara yang bisa Anda coba.

Misalnya, mengatur pola hidup sehat dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Jika mengubah pola hidup tidak berpengaruh pada tekanan darah Anda, sebaiknya periksakan diri ke sokter. Nantinya, dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi dan penyebab hipotensi.

Penyakit yang Diderita

Penyebab darah rendah yang pertama adalah adanya penyakit lain yang sedang Anda derita. Mulai dari tubuh yang kekurangan vitamin B12, ketidakseimbangan hormon, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Kecelakaan yang menyebabkan pendarahan pun dapat menyebabkan tekanan darah Anda menurun.

Baca Juga: Tak hanya minum obat hipertensi, makan sayuran ini untuk menurunkan darah tinggi

Penyebab Sementara

Seperti yang telah dikatakan, ada beberapa faktor penyebab darah rendah yang bersifat sementara. Medical News Today menyebutkan bahwa dehidrasi, kehamilan, dan jenis makanan yang Anda konsumsi berpengaruh pada tekanan darah Anda.

Sebagian besar penyebab hipotensi yang bersifat sementara bisa hilang dengan sendirinya. Misal, hipotensi yang terjadi selama kehamilan bisa sembuh saat Anda sudah melahirkan. Begitu pula dengan faktor-faktor yang lain.

Jenis Obat Tertentu

Selain beberapa faktor yang telah disebutkan, jenis obat tertentu juga berpengaruh pada tekanan darah Anda, lo. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah obat penyakit jantung, antidepresan, diuretik, dan obat hipertensi. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga menyebabkan tekanan darah menurun.

Baca Juga: Sederet manfaat air kelapa untuk kesehatan: meredakan asam lambung sampai dehidrasi

Gejala Darah Rendah

Selain memerhatikan penyebab-penyebab di atas, Anda pun perlu memerhatikan gejala hipotens apa yang Anda alami. Biasanya, hipotensi ditandai dengan beberapa hal. Mulai dari bdan terasa lemah, pingsan, mual, dehidrasi, kulit pucat, hingga pingsan.

Supaya tak semakin parah, segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut. Selain itu, usahakan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan minum banyak air putih, menghindari alkohol, dan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, seperti jus tomat.

Selanjutnya: Ada yang Anda alami? Ini 5 penyebab sakit kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×