kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 efek samping antibiotik ini yang perlu Anda tahu


Senin, 29 Maret 2021 / 11:02 WIB
Ini 4 efek samping antibiotik ini yang perlu Anda tahu


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Antibiotik diperlukan saat ada bakteri yang menginfeksi tubuh Anda. Beberapa efek samping antibiotik pun bisa Anda alami. Efek samping yang muncul setelah Anda menggunakan antibiotik memang umum terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), reaksi alergi bisa muncul setelah Anda menggunakan antibiotik. Beberapa reaksi alergi yang dimaksud adalah detak jantung meningkat, muncul ruam di kulit, kesemutan, tekanan darah rendah, kejang, hingga pingsan.

Reaksi alergi umumnya muncul 15 menit setelah Anda menggunakan antibiotik. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter, ya. Selain reaksi alergi, tentu saja masih ada efek samping lain yang bisa Anda rasakan setelah Anda memakai antibiotik.

Sistem Pencernaan Bermasalah

Sistem pencernaan yang bermasalah menjadi efek samping antibiotik yang cukup sering terjadi. Anda bisa mengalami mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, dan kram perut. Jika Anda terus mengalami kondisi tersebut, segera hentikan pemakaian antibiotik.

Bila terus dibiarkan, efek samping tersebut bisa menimbulkan masalah yang lebih serius. Mulai dari feses berlendir atau bercampur dengan darah, diare parah, perut yang terasa semakin sakit, hingga muntah yang tidak bisa Anda kontrol.

Baca Juga: Kenali jenis dan manfaat obat TBC, dari paru, luar paru, resisten dll

Interaksi dengan Jenis Obat Lain

Medical News Today mengatakan bahwa efek samping juga bisa muncul ketika antibiotik bertemu dengan jenis obat yang lain. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah obat diabetes, obat migrain, multivitamin, dan lain sebagainya.

Jika Anda mengonsumsi jenis obat tersebut, pastikan untuk mengatakannya pada dokter, ya. Tujuannya agar dokter bisa memberikan antibiotik yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika memang tidak terlalu mendesak, Anda bisa menghentikan konsumsi obat tersebut supaya antibiotik bekerja secara efektif.

Baca Juga: Macam-macam obat radang sendi, ini khasiatnya

Perubahan Warna Pada Gigi dan Tulang

Salah satu efek samping antibiotik adalah menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Efek samping antibiotik berikutnya yang bisa Anda alami adalah perubahan warna pada tulang dan gigi. Pada orang dewasa, perubahan warna gigi sulit untuk diatasi karena gigi tak kembali tumbuh. Bila Anda mengalami perubahan warna gigi setelah memakai antibiotik, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Gagal Ginjal

Meski jarang terjadi, penggunaan antibiotik juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal. Kandungan dalam antibiotik membuat ginjal bekerja lebih ekstra. Seiring berjalannya waktu, beban kerja itu menghambat kinerja ginjal secara keseluruhan. Apalagi bagi Anda yang sudah berusia tua.

Selanjutnya: Inilah efek samping kunyit yang sebaiknya Anda hindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×