Ini 2 Obat untuk Pasien Cacar Monyet dan Jenis Vaksinnya

Senin, 29 Agustus 2022 | 07:56 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Ini 2 Obat untuk Pasien Cacar Monyet dan Jenis Vaksinnya

ILUSTRASI. Terdapat 2 obat yang dapat digunakan dalam penatalaksanaan Monkeypox.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Sabtu (20/8/2022), Kementerian Kesehatan memastikan satu warga negara Indonesia terkonfirmasi menderita monkeypox (cacar monyet). Pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun, dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.
 
Melansir laman Kemkes.go.id, berdasarkan penelusuran, pasien berpergian ke luar negeri antara tanggal 22 Juli hingga tiba kembali di Jakarta pada 8 Agustus 2022. Pasien mulai mengalami gejala awal cacar monyet atau monkeypox pada tanggal 11 Agustus 2022.
 
Setelah berkonsultasi ke beberapa fasilitas kesehatan, pasien masuk ke salah satu rumah sakit milik Kementerian Kesehatan pada tanggal 18 Agustus dan hasil test PCR pasien terkonfirmasi positif pada malam hari tanggal 19 Agustus.

Bagaimana pengobatan bagi penderita cacar monyet?

Mengutip informasi di indonesiabaik.id, sampai saat ini, pengobatan yang spesifik untuk cacar monyet masih terbatas tahap pengembangan. Pengobatan lebih bersifat simptomatis dan suportif. 

Penderita monkeypox harus mengikuti saran dari fasilitas layanan kesehatan.

Baca Juga: Ciri-ciri dan Gejala Cacar Monyet dari Hari ke Hari yang Perlu Diwaspadai

Penyakit dapat sembuh dan gejala dapat hilang dengan sendirinya. Penting bagi siapa pun yang terinfeksi monkeypox untuk melakukan hal-hal berikut:

- Minum air yang cukup
- Makan dengan baik
- Cukup tidur

Orang yang mengisolasi diri harus menjaga kesehatan mentalnya dengan melakukan hal-hal yang mereka anggap santai dan menyenangkan, tetap terhubung dengan orang yang dicintai menggunakan teknologi, berolahraga jika mereka merasa cukup sehat dan meminta dukungan kesehatan mental dari fasyankes setempat jika diperlukan.

Orang dengan monkeypox harus menghindari menggaruk kulit mereka dan merawat ruam mereka dengan membersihkan tangan mereka sebelum dan sesudah menyentuh lesi dan menjaga kulit tetap kering dan terbuka (kecuali jika mereka mau tidak mau berada di ruangan dengan orang lain, dalam hal ini mereka harus menutupinya dengan pakaian atau perban sampai mereka dapat mengisolasi lagi). Ruam dapat dijaga kebersihannya dengan air steril atau antiseptik.

Baca Juga: Cara Penularan Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Terdapat 2 obat yang dapat digunakan dalam penatalaksanaan Monkeypox:

1. Antiviral Spesifik – tecovirimat 

Beberapa negara telah menyetujui tecovirimat (treatment untuk smallpox) sebagai pengobatan monkeypox. Namun, obat ini belum tersedia secara luas di semua negara

2. Antiviral spesifik NIOCH-14

Lantas, bagaimana dengan caksin cacar monyet?

Mengutip indonesiabaik.id, vaksin yang digunakan pada program pemberantasan cacar (smallpox) juga terbukti memberikan perlindungan terhadap monkeypox. 

Saat ini, vaksin ACAM-200 dan MVA-BN telah didistribusikan ke beberapa negara dan diperuntukkan bagi kontak erat kasus konfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru