kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 manfaat anggur bagi kesehatan yang harus Anda ketahui


Sabtu, 29 Mei 2021 / 11:12 WIB
Ini 10 manfaat anggur bagi kesehatan yang harus Anda ketahui


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Di balik rasanya yang lezat, buah anggur menyimpan sederet manfaat untuk kesehatan. Buah yang sudah dikenal sejak tahun 6.000 sebelum Masehi ini termasuk makanan sehat yang kaya nutrisi. 

Melansir Good Housekeeping, buah anggur mengandung 1.600 senyawa alami yang baik bagi tubuh, termasuk beberapa antioksidan penting. 

Buah bercitarasa manis sedikit asam ini juga diperkaya dengan vitamin C, B6, A, K, mineral kalium dan mangan. Tak hanya itu, anggur termasuk makanan rendah kalori karena setiap cangkirnya hanya memiliki 100 kalori. 

Dengan sederet nutrisi pentingnya, berikut beberapa potensi manfaat anggur untuk kesehatan: 

1. Mencegah penyakit kronis 

Melansir Healthline, buah anggur mengandung antioksidan penting seperti antosianin, polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, lutein, likopen, dan asam ellagic yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis. 

Baca Juga: Berasal dari bahan-bahan alami, berikut 6 obat herpes yang bisa Anda jajal

Kandungan antioksidan buah anggur merah lebih banyak ketimbang anggur hijau atau warna lainnya. Senyawa penting ini paling banyak ditemukan di kulit atau biji anggur. 

Seperti diketahui, antioksidan memainkan peran penting dalam memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas pemicu stres oksidatif. 
Stres oksidatif selama ini menjadi biang sejumlah penyakit kronis seperti diabetes, kanker, sampai penyakit jantung. 

2. Potensial melawan kanker 

Kombinasi senyawa antioksidan resveratrol, quercetin, antosianin, dan katekin potensial untuk membantu mencegah sekaligus mendukung pengobatan penyakit kanker. 

Baca Juga: 6 Obat herpes ini berasal dari bahan-bahan alami, lo

Antioksidan ini bisa membantu melawan kanker dengan cara mengurangi peradangan, menghalangi pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker. 
Beberapa penelitian terbatas maupun laboratorium membuktikan manfaat anggur ini potensial melawan penyakit kanker usus dan kanker payudara. 

3. Menurunkan tekanan darah 

Satu cangkir buah anggur mengandung 288 miligram kalium, atau bisa mencukupi enam persen kebutuhan kalium harian tubuh. Mineral ini diperlukan untuk mengontrol kadar tekanan darah. 

Kurangnya asupan kalium rentan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×