kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin WFH efektif? Hindari 5 hal ini


Kamis, 06 Agustus 2020 / 13:10 WIB
Ingin WFH efektif? Hindari 5 hal ini
ILUSTRASI. Dwi Renggo Sasetio, seorang pengajar di salah satu universitas swasta di bilangan Jakarta Timur, sedang melakukan pertemuan secara daring dengan mahasiswa dari kediamannya di Depok, Jawa Barat, Jumat (5/6).


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pandemi virus corona baru membuat sebagian besar masyarakat harus bekerja dari rumah atawa work from home (WFH). Setelah berjalan berbulan-bulan, persepsi tentang WFH mungkin telah banyak berubah. 

Awalnya, WFH menjadi sebuah anugerah yang menyenangkan lantaran bisa bekerja dari rumah. Sehingga memiliki waktu lebih banyak bersama keluara, olahraga, maupun terhindar dari kemacetan lalu lintas. 

Namun, di sisi lain, WFH juga bisa menimbulkan dampak negatif lantaran dapat memicu kebiasaan buruk. Ambil contoh, lebih sering ngemil atau posisi tubuh yang buruk saat bekerja. 

Tak jarang, bekerja dari rumah juga menjadi kurang efektif lantaran muncul sejumlah gangguan. Dikutip dari Times of India, berikut lima hal yang harus Anda hindari biar menjadi efektif:

Baca Juga: Epidemiolog desak work from home kembali dilakukan, ini alasannya

1. Langsung membuka laptop setelah bangun pagi 

Salah satu hal yang membuat WFH menjadi tidak efektif adalah langsung bekerja usai bangun tidur di pagi hari. Sebaiknya, Anda tidak memulai hari seperti itu.

Soalnya, bisa jadi saat Anda tidur pun masih memikirkan pekerjaan. Beri waktu atau jeda antara bangun tidur dan bekerja lalu tenangkan diri terlebih dahulu. 

2. Selalu bekerja di tempat tidur

Apakah Anda adalah seseorang yang sering mengerjakan pekerjaan di atas tempat tidur? Hal tersebut merupakan kebiasaan yang bisa membuat seseorang menjadi malas. 

Selain itu, bekerja sepanjang hari di tempat tidur juga bisa memengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Cobalah menjauh dari tempat tidur, setidaknya ketika Anda sedang bekerja. 

Baca Juga: Sebagian karyawan masih WFH, PLN pastikan layanan dan pasokan listrik tetap aman




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×