kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ingin terhindar dari kanker payudara, lakukan lima poin berikut


Sabtu, 19 Oktober 2019 / 13:15 WIB

Ingin terhindar dari kanker payudara, lakukan lima poin berikut
ILUSTRASI. Para perempuan kompak melakukan gaya hidup sehat untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara


KONTAN.CO.ID - Para ahli menyatakan belum menemukan jalan untuk mencegah perempuan terkena kanker payudara. Namun, mereka merekomendasikan beberapa aktivitas yang dapat mencegah perempuan terkena kanker payudara.  

Kanker payudara menjadi penyakit yang mengancam perempuan di seluruh dunia. Berdasarkan penelitian para ilmuwan, penyakit ini merupakan penyakit turunan.

Baca Juga: Awas, banyak makan daging merah olahan bisa meningkatkan risiko kanker

Sayangnya, saat ini hasil penelitian tersebut sudah tidak relevan. Mengutip dari situs American Cancer Sociaty, kebanyakan mereka yang menderita kanker payudara bukan dari turunan keluarga.

Sampai hari ini para ilmuwan belum menemukan jalan untuk mencegah penyakit kanker payudara. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan buah dada.

Pertama, Anda harus memperhatikan berat badan. Bila Anda adalah golongan orang-orang obesitas segeralah berolaraga. Karena, kegemukan dapat meningkatkan resiko terkena kanker panyudara.

Hal ini wajib dilakukan untuk Anda yang sudah menopause. Alasannya, hormon estrogen yang diproduksi tubuh Anda berasal dari lemak. Saat tubuh mempunyai terlalu banyak lemak maka rentan terkena kanker payudara.

Selain itu, perempuan yang menjelang dewasa juga harus menjaga berat badan. Karena, tubuh mereka cenderung memiliki kadar insulin yang tinggi daripada hormon lainnya. Asal tahu saja, tingkat kadar insulin dalam tubuh berhubungan dengan resiko kanker, termasuk kanker payudara.

Bila Anda sudah memiliki berat badan yang ideal atau sehat, maka pertahankanlah. Saat Anda mendapati berat badan naik sebaiknya segera berdiet.

Kedua, Anda wajib berolaraga secara teratur. Banyak penelitian yang menujukkan bahwa olaraga merupakan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan panyudara.

Baca Juga: Bila Anda minum teh setiap, ini yang terjadi pada tubuh

American Cancer Society menyarankan Anda dapat berolaraga minimal 75-150 menit dalam seminggu. Dalam tempo waktu tersebut Anda dapat melakukan olaraga sedang atau tinggi. Contohnya, Anda bisa melakukan olaraga jalan cepat.

Perlu diperhatikan, sebaiknya Anda tidak berolaraga berlebihan. Agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan prima.


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri

Video Pilihan


Close [X]
×